Desain Amplop Lebaran Sendiri


Perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak akan terlepas dari yang namanya berbagi angpao. Pemberian angpao sendiri adalah suatu rutinitas disetiap perayaan Hari raya Idul Fitri sebagai wujud berbagi kebahagian ke sesama manusia. Adapun jenis Amplop Lebaran saat ini sudah banyak model dan bentuknya, nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat atau mendesain amplop lebaran sendiri dengan memasukkan foto sesuai dengan bentuk dan model yang kita mau.

Baik kita mulai cara mendesainnya menggunakan Aplikasi CorelDRAW

Adapun langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi coreldraw anda, buat lembar kerja baru ( File > New)
  2. Atur lembar kerja dengan kertas A4, Orientasi Landspace, Color Mode CMYK, Resolusi 300 dpi
  3. Buat kotak dengan Rectangle Tool, seperti pada gambar di bawah
  4. Selanjutnya Group tiga buah objek, seperti pada gambar di bawah
  5. Selanjutnya Import Gambar untuk background, masukkan gambar ke dalam objek yang telah di group dengan Klik kanan pada gambar background...pilih PowerClip Inside...baru klik di objek yang di group tadi, maka hasilnya seperti gambar di bawah
  6. Selanjutnya tambahkan gambar lain seperti masjid, foto juga tambahkan teks, seperti gambar di bawah
  7. Untuk tutorial detailnya bagaimana memasukan foto dan elemen lainnya sampai jadi dan siap cetak bisa lihat video dibawah :

Mohon sedekah Al-Fatihah untuk Almarhum Ayahda Nurdin Bin Ibrahim

Ada beberapa macam kertas yang sering digunakan dalam membuat amplop, berikut beberapa diantaranya :

Art Paper

Jenis kertas yang satu ini merupakan jenis kertas amplop yang memiliki permukaan yang mengkilap dan bentuknya juga kaku, sehingga dengan demikian saat Anda cetak amplop angpao dengan jenis kertas ini maka akan lebih memberikan bentuk yang tegas, kertas jenis ini akan sangat baik untuk digunakan dalam menyimpan dokumen, maka dari itu selain amplop, kertas ini juga sering kali digunakan untuk membuat map. Jika Anda  cetak amplop dengan menggunakan kertas ini maka apabila Anda mencetak logo di atasnya, logo tersebut akan bisa terlihat dengan jelas dan bagus. Warna dari logo tersebut akan terlihat lebih baik dan tidak pudar.

Matte Paper

Lain halnya dengan art paper yang disebutkan sebelumnya, maka matte paper ini memiliki permukaan yang halus, lembut dan nyaman saat disentuh, kelebihan lainnya jenis kertas amplop ini juga memiliki beragam warna yang sangat menarik. Maka dari itu apabila Anda ingin mencetak amplop dengan warna yang tidak biasa atau beragam, matte paper ini adalah kertas yang sudah seharusnya Anda gunakan saat mencetak amplop. Biasanya perusahaan yang bergerak di bidang desain dan lain sebagainya suka menggunakan jenis kertas matte paper ini untuk digunakan sebagai amplop. Penampilannya membuatnya terlihat sangat menarik.

HVS Paper

Dibandingkan dengan jenis kertas lainnya maka HVS paper ini adalah jenis kertas yang paling sering dan paling umum digunakan. Anda pun bisa melihat ada berbagai jenis amplop yang dibuat dengan menggunakan kertas jenis ini. Namun dibandingkan dengan yang lainnya kertas HVS ini daya tahannya tidak begitu kuat sehingga dengan demikian cepat robek jika tidak digunakan dengan hati-hati. Namun dari segala sisi, kertas HVS ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan cetak amplop angpao dalam jumlah banyak namun dengan biaya yang lebih murah. Selain beberapa jenis kertas yang sudah disebutkan sebelumnya Anda juga bisa cetak amplop dengan beberapa jenis kertas lainnya.

Baca Juga :
Nah itulah Desain Amplop Angpao Lebaran Sendiri Format CorelDraw (Free CDR) yang dapat diedit ulang dengan menambahkan teks dan foto siap cetak. Semoga file CDR yang saya bagikan bermanfaat dan sukses selalu untuk ANDA.

2 Komentar untuk "Desain Amplop Lebaran Sendiri"

  1. saya merasa sangat terbantu dengan semua tutorial anda semoga sukses selalu mr.riduan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel