TUTORiduan.com

Sarana Belajar & Berbagi Ilmu Desain Grafis

Tuesday, 27 August 2019

Cara Kombinasi Warna Pada Desain yang Menarik


Asalamu'alaikum Wr. Wb. Jumpa lagi dengan saya masih di TUTORiduan, tempatnya berbagi tutorial-tutorial desain dengan aplikasi CorelDRAW dan Photoshop. Untuk kali ini saya mau berbagi cara menentukan warna yang sesuai pada sebuah desain dengan panduan Color Wheel pada Palet Warna yang ada pada aplikasi CorelDRAW.

Memilih warna menggunakan color wheel atau roda warna, dapat membantu kita dalam menentukan warna yang tepat untuk sebuah desain yang baik.


Roda Warna

Mengenal Warna Hue, Shade, Tint dan Tone


Hue, Shade, Tint dan Tone

Warna Hue adalah warna umum yang telah ada seperti warna yang ada pada pensil warna.
Warna Shade adalah warna hue yang dicampur dengan warna hitam (add black).
Warna Tint adalah warna hue yang dicampur dengan warna putih (add white).
Warna Tone adalah warna hue yang dicampur dengan warna abu-abu (add grey).


Warna Primier (warna utama/pokok)

Warna Primier adalah warna pokok atau warna utama bisa juga disebut warna dasar yang terdiri dari merah, biru dan kuning. Warna primier ini yang menjadi fondasi dari warna lain.

Warna Sekunder (warna kedua)

Warna yang terdiri dari warna Ungu, Orange dan Hijau. Warna ini berasal dari pencampuran 2 warna primer, atau disebut juga dengan istilah warna kedua. Misalnya warna merah bila dicampur dengan warna kuning akan menghasilkan warna orange. Merah dengan kuning adalah warna primer. Sedang hijau sebagai hasilnya, disebut dengan warna sekunder.



Warna Tersier (warna ketiga)

Warna yang terdiri dari warna Ungu, Orange dan Hijau. Warna ini berasal dari pencampuran dari warna premier dan warna sekunder, atau disebut juga dengan istilah warna ketiga.



Warna Netral

Warna Netral terdiri dari Hitam dan Putih, yaitu warna yang berasal dari campuran ketiga warna pokok. Merah, Kuning dan Biru, dicampur secara sekaligus dengan takaran perbandingan yang sama 1:1:1. Secara teori, pencampuran ketiga warna ini akan menghasilkan warna hitam, abu-abu termasuk warna netral.

Warna Complentary (Pelengkap)

Warna Complementary adalah warna yang secara langsung berhadapan atau berseberangan pada color wheel. Kombinasi ini memiliki tingkat kontras yang tinggi, kombinasi ini adalah kombinasi yang paling menantang.

Pilih satu warna, kemudian ambil satu warna yang berhadapan atau bertolak belakang dengan warna tersebut.



Warna Analogous (Berdekatan)

Warna Analogus adalah 3 kelompok warna yang saling berdekatan, terlihat sama dan mirip tetapi sebenarnya memiliki perbedaan, tetapi masih dalam satu jenis warna yang sama, misalnya dari merah, orange kemerahan dan orange. Ketiganya masih berdampingan berikut contoh warnanya :




Warna Triadic

Warna Triadic adalah kombinasi tiga warna berjarak sama pada color wheel. Ketika dipadukan, kombinasi warna triadic cenderung memiliki kesan semangat. Cocok untuk desain Chart atau Grafit (warna ceria / banyak warna)



Untuk menciptakan kombinasi warna yang lain anda tinggal menambahkan Shade, Tint dan Tone hingga menemukan warna yang diinginkan.
Penjelasan secara detail lihat video berikut ini :


Nah itulah kombinasi warna untuk menciptakan sebuah desain yang menarik, semoga tutorial ini bermanfaat dan sukses selalu untuk ANDA.

No comments:

Post a Comment

Tanya Jawab Desain Grafis

1.       Apa yang dimaksud desain grafis? Desain grafis merupakan perpaduan seni dan metode komunikasi yang memadukan beragam unsur se...