Kumpulan Desain Spanduk Banner HUT RI Full Vector Update (Free CDR & PSD)

Hari ulang tahun Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus, untuk memperingati hari HUT RI setiap tahunnya banyak hal yang harus dipersiapkan oleh instansi terkait, adapun salah satu hal yang tidak bisa terlewatkan adalah dengan membuat spanduk banner ucapan selamat HUT Republik Indonesia.

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Kumpulan Spanduk Banner HUT RI

Banner/Spanduk adalah suatu media promosi / publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal.

Manfaat Spanduk/Banner

Manfaat spanduk/banner yang utama adalah sebagai media informasi secara langsung. Anda bisa menyampaikan informasi mengenai bisnis mereka lewat spanduk yang dipasang dijalan-jalan. Selain manfaat tersebut, spanduk juga memiliki fungsi sebagai media promosi.

Kumpulan Desain Spanduk Banner HUT RI

Nah kali ini kami akan berbagi Kumpulan Desain Banner Spanduk HUT RI Full Vector Format Coreldraw (Free CDR) dan Photoshop (Free PSD) dengan berbagai ukuran dan dari berbagai sumber. 

Desain Banner Spanduk HUT RI ke 73

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x3 Meter
Sumber : TUTORiduan.com

Sepenggal tentang kemerdekaan RI.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Desain Banner Spanduk HUT RI ke 74

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x4 Meter

ADA YANG MAU BERBAGI REZEKI silahkan : Rek. Mandiri an Riduan Nomor Rek. : 1480019963845 atau DANA ke nmr 0813 5064 0450 Terima kasih buat yang sudah berbagi rezeki dengan TUTORiduan. Semoga selalu diberikan kesehatan, dilancarkan urusan dan rejekinya.

Bahan Spanduk/Banner

Ada berbagai macam jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat spanduk. Berikut ini adalah jenis bahan yang sering dipakai dalam membuat spanduk:
  • Flexi China : Bahan spanduk jenis ini mempunyai karakteristik permukaan yang kasar, sedikit tipis serta berserat. Bahan ini juga sering dipakai dalam pembuatan spanduk untuk luar ruangan atau outdoor. Bahan ini juga mempunyai daya tahan yang lama serta memiliki kualitas yang baik. Flexi China juga bagus digunakan untuk membuat spanduk indoor.
  • Flexi Korea : Bahan jenis ini mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan bahan jenis Flexi China. Bahan ini juga memiliki tekstur yang lebih halus, sehingga bahan ini lebih menghasilkan cetakan yang relatif bagus. Karena ketebalannya yang bagus, maka tak heran jika Flexi Korea sering dipakai untuk media promosi entah itu spanduk ataupun banner outdoor.
  • Flexi Jerman : Jenis bahan ini memang sangat berkualitas lebih dari pada Flexi China dan Korea. Bahan ini juga cocok untuk pembuatan media iklan yang sering dipasang di luar ruangan atau outdoor. Namun bahan ini juga sering digunakan dalam pembuatan x banner indoor. Meskipun bahannya agak relatif mahal, namun kualitasnya sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.
Selain yang disebutkan diatas, ada beberapa jenis bahan lain untuk pembuatan spanduk, seperti albatross, luster, easy banner, dan juga banner cloth.

Desain Banner Spanduk HUT RI ke 75

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x4 Meter


Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format PSD
Ukuran Desain 1x4 Meter
Sumber : TUTORiduan.com



Tips Membuat Spanduk yang Baik

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat sebuah spanduk. Berikut ini adalah tips dalam membuat spanduk yang baik:
  • Desain : Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menentukan konsep desain spanduk Anda. Alangkah baiknya jika menggunakan konsep desain yang dapat menarik perhatian banyak orang. Sehingga para pembaca pun akan merasa penasaran dan ingin menelusurinya lebih lanjut.
  • Ukuran : Pastikan untuk menentukan ukuran spanduk yang sesuai dengan keperluan. Tentunya dengan cara memilih ukuran yang pas supaya informasi yang akan disampaikan dapat tercerna dengan baik. Karena pemberian informasi pun juga harus disesuaikan dengan ukuran spanduk tersebut.
  • Huruf dan Font : Pastikan bahwa Anda sudah memilih huruf dan font yang mudah dibaca dan tidak memusingkan saat dilihat. Cocokkan juga jenis font dengan iklan yang akan Anda buat. Misalnya, gunakan font cantik untuk spanduk wedding organizer.

Desain Banner Spanduk HUT RI ke 76

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR & PSD
Ukuran Desain 1x3 Meter


Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR & PSD
Ukuran Desain 1x4 Meter

4 Jenis Spanduk dan Fungsinya

Berdasarkan tempat atau letaknya Spanduk dibagi menjadi dua yaitu Spanduk indoor yang dipasang di dalam ruangan dan Spanduk outdoor yang dipasang di luar ruangan atau di ruangan terbuka. Selain itu ternyata ada beberapa jenis Spanduk yang lain yang memiliki fungsi masing – masing. Berikut penjelasannya.

1. X- Banner
Dinamakan X Banner atau spanduk X sebab Spanduk jenis ini karena ketika memasang Spanduk menggunakan tiang penyangga berbentuk huruf X. Tiang penyangganya memang sengaja dibuat dengan bahan pipa dari aluminium kecil sehingga mudah di pindah tempat dengan mudah. Biasanya poster jenis ini diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor atau ruang seminar.

Spanduk jenis ini bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Yang unik dari Spanduk jenis ini adalah tiangnya bisa dipakai berulang – ulang sehingga anda bisa lebih hemat karena hanya perlu mencetak ulang Spanduk nya saja.

2. Y – Banner atau Spanduk X
Serupa dengan X Spanduk , jenis spanduk ini juga diberi nama berdasarkan dengan tiang penyangganya yang berbentuk huruf Y. Spanduk jenis ini juga memiliki model tiang penyangga yang bisa dipisahkan dari rangkanya. Biasanya, Spanduk jenis ini memiliki alas di bagian bawahnya supaya berdirinya Spanduk ini lebih kuat.

Namun, promosi menggunakan Spanduk Y sedikit lebih rendah dari pada X Spanduk . Ukuran standar Spanduk jenis ini biasanya sebesar 60 x 160 senti meter.

3. Mini X – Banner atau Spanduk Mini X
Mini X Spanduk sama dengan X Spanduk hanya berbeda pada ukurannya saja. Keduanya sama – sama menggunakan tiang penyangga yang berbentuk X. Ukuran Spanduk jenis ini adalah 26 x 38 senti meter atau terkadang bisa lebih kecil lagi sesuai dengan keinginan anda.

Bahan untuk Spanduk jenis ini terdiri dari dua macam, yaitu X – Spanduk yang dilapisi dengan stainless dan X – Spanduk yang tanpa lapisan. Spanduk ini biasanya diletakkan di meja – meja makan restoran sebagai alat untuk mempromosikan menu restoran.

4. Roll Up Banner atau Spanduk Roll Up
Spanduk jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan mini X – Spanduk , biasanya juga diletakkan diatas meja. Yang lebih unik dari Spanduk jenis ini adalah bentuknya yang dapat di gulung setelah selesai digunakan. sehingga ketika anda akan menggunakan Spanduk ini, anda hanya perlu menarik Spanduk nya dari atas ke bawah.

Ukuran Spanduk ini biasanya 80 x 200 centimeter, atau 85 x 200 centimeter dan 120 x 200 centimeter ada juga yang berukuran 150 x 200 centimeter. Spanduk jenis ini sangat efisien karena mudah digunakan dan mudah dibawa kemana – mana serta sangat ringan.


Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x4 Meter



Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x3 Meter
Sumber : IDNGrafis.com

Ciri-Ciri Spanduk

Adapun ciri-ciri Spanduk yang diantaranya yaitu:
  • Ukuran 90/100 x 800 cm
  • Kaliamatnya pendek, tulisannya besar
  • Warna menyolok atau kontras agar mudah di lihat dan dibaca
  • Ditempatkan diperempatan jalan atau tempat yang strategis

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x3 Meter
Sumber : Tulisanpena.com



Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x2 Meter
Sumber : Tulisanpena.com

Kelebihan & Kelemahan Spanduk

Adapun kelebihan dan kelemahan spanduk yaitu:

1. Kelebihan
  • Proses pembuatan tidak terlalu rumit
  • Jangkauan pemasangan sangat luas dan frekuensi tinggi
  • Mencakup semua target audience
  • Penempatannya fleksibel secara geografis
  • Mudah diingat sebelum membeli produk
  • Bisa dilihat berulang-ulang oleh pengguna jalan

2. Kelemahan
  • Kurang efektif karena sebagian masyarakat yang lewat di depan spanduk
  • Waktu pemasangan secara singkat
  • Tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap
  • Bila frekuensinya terlalu tinggi, mengakibatkan kebosanan pada target audience
  • Mengganggu keindahan lingkungan bila terpasang tidak teratur

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x3 Meter
Sumber : Tulisanpena.com

Jenis-Jenis Spanduk

Dalam hal ini ada 3 macam jenis spanduk, mulai dari yang termurah yaitu: spanduk sablon, spanduk spray/semprot dan yang terbaru spanduk printing. Yang kesemuanya memiliki kelemahan serta kelebihan masing-masing.

1. Spanduk Sablon
  • Kelebihan yaitu sehari bisa jadi 100 spanduk
  • Kelemahan yaitu apabila campuran catnya tidak pas maka akan luntur bila kena air
2. Spanduk Spray
  • Kelebihan yaitu lebih tahan terhadap air
  • Kelemahan yaitu pengerjaan lebih lama
3. Spanduk Printing
  • Kelebihan yaitu hasil lebih bagus karena bisa full colour
  • Kelemahan yaitu harganya masih tergolong cukup mahal

Kumpulan Banner HUT RI PSD
Format CDR
Ukuran Desain 1x3 Meter
Sumber : Tulisanpena.com

Cara Membuat Spanduk

Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun terkadang ada beberapa spanduk yang bila kita amati, isi spanduk yang dibuat tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal penting berikut ini:

  • Desain Spanduk
Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya, awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.

  • Ukuran Spanduk
Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan ditempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.

  • Tulisan Spanduk Terlalu Kecil
Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan diluar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dimanakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam ruangan dimana pambaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.

  • Desain Spanduk Terlalu Padat
Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail.

  • Jenis Huruf Spanduk
Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, idealnya gunakan huruf yang jelas “tidak menggunakan huruf latin yang berukir-namun ini kembali kepada kebutuhan” agar informasi yang akan disampaikan cepat diterima oleh pembaca. “Sebaiknya dan usahakan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial, anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci, free font for commercial use”.

  • Foto Untuk Spanduk
Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk anda maka pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik ” sebaiknya dan usahakan gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda”.

Nah itulah Kumpulan Desain Spanduk Banner HUT RI Full Vector Siap CETAK dengan menggunakan CorelDraw (Free CDR) dan Photoshop (Free PSD), semoga tutorial ini bermanfaat... tetap semangat untuk terus mencoba dan sukses selalu untuk ANDA.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Desain Spanduk Banner HUT RI Full Vector Update (Free CDR & PSD)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel