Tanya Jawab Desain Grafis


1.      Apa yang dimaksud desain grafis?
Desain grafis merupakan perpaduan seni dan metode komunikasi yang memadukan beragam unsur seperti garis, bentuk, ukuran, objek, ruang, tekstur, dan warna dalam bentuk ilustrasi maupun tipografi.

2.      Apa saja ruang lingkup desain grafis?
Di Indonesia sendiri desain grafis dibagi ke dalam tiga kategori, yakni :
  1. Desain komunikasi visual,
  2. Desain produk industri,
  3. Desain interior. 
3.      Apa yang dimaksud dengan Desain Komunikasi Visual?
seni menyampaikan pesan (arts of commmunication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga merubah perilaku target audience sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan.

4.      Apa saja ruang lingkup Desain Komunikasi Visual?
Ruang lingkup Desain Komunikasi Visual, antara lain: desainer kemasan, kartu undangan, lay out majalah, cover buku, sign system, coorporate identity, logo, website master, animator, ilustrasi, komik, modeling 3D, digital fotography

5.      Apa perbedaan desain grafis dengan desain komunikasi visual?
Sebenarnya kedua istilah ini memang banyak kesamaan, tapi secara umum desain grafis lebih menekankan hal teknis dan estetika sedangkan desain komunikasi visual lebih menekankan aspek komunikasi dan konseptual. Detail mengenai kedua istilah tadi sudah saya bahas pada artikel edisi sebelumnya.

6.      Apakah rancangan visual dalam bentuk 3 dimensional tidak bisa disebut desain grafis?
Sebenarnya yang dimaksud 3D adalah bentuk imajiner. Semua yang kita rancang dalam komputer maupun kertas adalah medium 2 dimensional.

7.      Apa yang dimaksud 3 dimensional?
Bentuk 3 dimensi adalah bentuk yang sudah teraplikasikan kedalam bentuk secara nyata dan dapat diraba co. Gedung, visual merchandising, display dll.

8.      Kalau saya belajar desain, dimanakah kelak saya berkerja?
Biasanya di percetakan, studio desain, studio animasi, image setting, kantor redaksi majalah, studio foto. Sekarang bahkan muncul trend bekerja sebagai freelance desainer yang kantornya cukup di kamar kos-kosan tapi order bisa datang dari mana-mana. 

9.      Wah enak dong kalau begitu, bisa bekerja dimana aja?
Ya, bekerja di industri kreatif memang sangat dinamis. Meski banyak lapangan pekerjaan menjanjikan, saya lebih menyarankan anda untuk berwiraswasta sendiri. Selain anda bisa menjadi pemimpin, anda bisa mendapat pendapatan yang lebih besar.

10.  Apa bekal yang harus dipunyai seseorang untuk menjadi desainer grafis?
Desainer grafis memerlukan wawasan yang luas dari disiplin ilmu yang lain, karena pada dasarnya seorang desainer adalah seorang pemecah masalah (problem solving) dan pengambil keputusan. Akan lebih baik jika anda punya bakat menggambar manual.

11.  Kalau tidak bisa gambar manual, gimana dong?
·      Tergantung kasusnya, karena desain grafis banyak cabang keahliannya. Antara lain : ilustrator, komikus, animator 3D, animator 3D, character modeller, desain layout majalah, web desainer, multimedia director, dll.
·   Untuk spesialis ilustrator, komikus, kartunis kemampuan menggambar secara mutlak harus dikuasai dengan baik. Namun, untuk desainer web, multimedia director, modeller/ animator 3D lebih mengutamakan kemahiran pada software, akan tetapi tetap lebih baik lagi jika menguasai menggambar sketsa.

12.   Apa keuntungan mendesain secara manual/ hand-made?
·         Sentuhan / lebih manusiawi
·         Kecepatannya untuk menumpahkan gagasan ke goresan tangan
·         Kebebasan dengan media dan alat.
·         Cocok untuk menggambar naturallis, seperti komik dan ilustrasi
·         Gambar dipengaruhi kepribadian, sifat dan emosi anda.

13.   Apa kekurangan mendesain secara manual/ hand-made?
·         Harga relatif mahal
·         Sulit diduplikasi
·         Waktu pengerjaan / produksi desain relatif lama
·         Perlu kecermatan dan kehati-hatian ekstra

14.  Apa kekurangan mendesain dengan bantuan komputer?
Waktu pembuatan relatif cepat, desain lebih murah dan kompetitif, mudah direproduksi, mudah diperbaiki karena ada fasilitas undo, adanya clipart dan font gallery lebih memperkaya elemen desain.

15.  Apa kekurangan mendesain dengan bantuan komputer?
Tidak manusiawi dan kurang ekspresif, fasilitas undo dan history menyebabkan desainer menjadi ceroboh dan kurang teliti, perlu belajar software grafis dan pengetahuan komputer yang memadai, beberapa kalangan menganggap desain dengan bantuan komputer adalah seni murahan dan kurang berbobot.


Referensi :
http://daniarwikan.blogspot.co.id



2 Komentar untuk "Tanya Jawab Desain Grafis"

  1. Terimakasih kakak atas ilmunya, semogah bisa saya coba praktekan secepatnya.
    terus jangan lupa kak kunjungi website kampus saya ya ( https://www.atmaluhur.ac.id )
    saya adalah Leonardo Antonius (1722500120)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel