Desain Banner Idul Adha 1439 (2018) dengan CorelDRAW


Idul Adha adalah hari raya Iedul Qurban bagi kaum muslimin atau disebut juga sebagai hari raya Haji, yang diperingati oleh umat muslim setiap tahunnya. Hari Raya Haji yang jatuh pada setiap tanggal 10 Dzul Hijjah adalah ketika udhiyah atau berqurban hewan sembelihan disyariatkan tidak saja bagi mereka yang menyelesaikan ibadah haji di tanah suci, tapi bagi semua kaum muslim yang mampu melaksanakan amal ibadah yang mulia ini, sebagai sebuah amal ketaqwaan kepada Sang Pencipta Khaliq, Allah ‘Azaa wa Jalla.

Memperingati hari raya Idul Adha tidak terlepas dari yang namanya spanduk, banner atau Baliho yang bertebaran terpasang diberbagai tempat dengan beraneka macam model dan jenisnya. 

Makna Perayaan Idul Adha

Selain ibadah qurban dan haji, berikut ini adalah makna-makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha yang belum diketahui;

1. Semangat Berbagi untuk Sesama
Memperingati Hari Raya Idul Adha, setiap umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk membeli dan menyembelih hewan qurban. Setelah itu, daging qurban tidak hanya disantap bersama keluarga tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara, serta orang-orang yang membutuhkan. Dari kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat berbagi dan tolong menolong untuk sesama.

2. Memberikan Pengorbanan
Ibadah pada hari Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk selalu memberikan pengorbanan kepada segala sesuatu yang dilakukan. 

3. Memberikan Keikhlasan
Idul Adha dapat mengingatkan umat muslim untuk senantiasa ikhlas atas cobaan yang diberikan. Dengan ikhlas, ujian seberat apapun InsyaAllah akan mendapatkan hikmah yang terbaik dari Allah SWT. 

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Sesuai makna dari kata Qurban yang berasal dari kata Quraba atau dekat, ibadah qurban pada hari Idul Adha memiliki makna kedekatan. Tak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, Idul Adha juga menjadi sarana mendekatkan diri pada keluarga dan saudara.

5. Silaturahmi
Pada Hari Raya Idul Adha, terdapat tradisi mengunjungi sanak saudara. Interaksi dengan tetangga dan kerabat dapat terjalin ketika pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban. 

6. Segalanya Milik Allah SWT
Melalui perayaan Idul Adha, umat muslim menyadari bahwa apa yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Semua harta benda yang dimiliki sejatinya adalah milik Allah SWT.


Desain Banner Idul Adha 1439 (2018)

Nah kali ini kita akan membuat Banner atau Baliho seperti pada gambar dibawah dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW. 

Contoh Banner atau Baliho Idul Adha
Desain Banner atau Baliho ini hanya contoh saja, disini saya hanya ingin berbagi atau share ilmu dan File CDR yang dapat anda pergunakan dikemudian hari.
Adapun langkah pembuatan banner atau baliho sebagai berikut :

  1. Tentukan ukuran banner atau baliho yang akan dibuat, dalam hal ini kita akan membuat banner atau baliho dengan ukuran 2,5m x 3m, desain dengan menggunakan skala
  2. Buat sebuah objek untuk memotong kotak menjadi beberapa bagian.
  3. Satukan kotak dengan objek pemotong, posisi objek pemotong berada dibagian atas kotak.
  4. Kotak akan terpotong seperti gambar berikut
  5. Selanjutnya 2 kotak dibagian bawah kita potong seperti gambar berikut
  6. Selanjutnya masukkan gambar-gambar kekotak  yang diinginkan dengan menggunakan PowerClip, maka hasilnya seperti tampak pada gambar dibawah
  7. Selanjutnya tambahkan teks yang diperlukan.
  8. Finish

Kalau masih bingung dengan cara di atas anda dapat lihat secara detailnya di Video Tutorial berikut :


| Download File CDR | Pass : onlyriduan |
Mohon Sedekah Al-Fatihah untuk Almarhumah Ibunda Sumiah Binti Dasuki

Baca Juga :

Demikian cara desain Banner atau Baliho dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk ANDA.

3 Komentar untuk "Desain Banner Idul Adha 1439 (2018) dengan CorelDRAW"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel