Cara Membuat Studio Foto Sederhana Rumahan Murah

TUTORiduan - Saat ini usaha jasa cetak foto merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan dengan keuntungan yang tentunya juga sangat menjanjikan. Apakah anda berkeinginan membangun usaha cetak foto yang dilengkapi dengan studio foto ( Fotografi studio ) sederhana dengan hasil yang tentunya bagus dan layak jual.

Fotografi studio adalah jenis fotografi yang pada awalnya banyak dilakukan di dalam ruangan untuk menciptakan gambar sesuai keinginan fotografer.
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan peralatan yang diperlukan untuk membuat studio foto sederhana rumahan dengan biaya murah.

Baca Juga :


Membuat Studio foto Sederhana

Untuk membuat sebuah studi foto ada beberapa peralatan yang harus disiapkan, mari kita ulas peralatan apa sajakah itu :

1. Kamera
Kamera merupakan peralatan yang sangat penting yang harus disiapkan dan wajib dimiliki untuk membuat studio foto. Kamera yang bagus untuk membangun usaha cetak foto adalah kamera DLSR, akan tetapi kamera ini cukup mahal, jika anda memiliki dana yang besar sebaiknya membeli kamera jenis ini dan jika dana yang anda miliki terbatas maka anda cukup membeli kamera pocket saja.

Saat ini harga kamera DLSR dikisaran 3 Jutaan dan kamera Pocket dikisaran 1 Jutaan.


2. Tripod 
Tripod adalah salah satu alat pendukung yang penting dan wajib dimiliki untuk menunjang usaha  cetak foto. Tripod kamera atau yang sering disebut sebagai kaki tiga adalah salah satu dari aksesoris kamera yang memiliki bentuk stand berguna untuk menopang pada body kamera.


Berikut ini adalah fungsi dari tripod kamera itu sendiri, yaitu sebagai berikut ini:
  1. Dapat mengurangi pada kelelahan akibat menopang beban kamera.
  2. Tripod dapat digunakan untuk melakukan pemotretan shutter speed rendah dan pemotretan long exposure.
  3. Dapat membantu pemotret untuk mencapai angle yang sulit dalam pemotretan landscape.
  4. Dapat membantu pemotret dalam menghasilkan foto HDR.
  5. Dapat digunakan untuk pemotretan fotografi makro.
  6. Dapat digunakan untuk pemotretan dengan fitur timer.
  7. Dapat digunakan untuk mempertajam gambar pada saat melakukan focal length yang panjang.

Untuk harga tripod yang standar dikisaran 250 ribuan

Baca juga : 7 Hal Penting Memulai Usaha Cetak Undangan


3. Background
Background disini berupa kain yang dapat diganti-ganti warnanya yang biasa digunakan untuk cetak pas foto, warna yang biasa digunakan adalah warna merah, biru dan kuning. Jika menggunakan background standar studio foto yang memakai rangka tentunya harga cukup mahal.


Background dapat juga digantikan dengan menggunakan kain polos meteran, cukup 2x3 meter saja namun jika 2x3 meter bisa digunakan alas lebihnya, dengan menggunakan kain meteran dapat menghemat dana sekitar 1 jutaan untuk rangka background stand. Untuk harga kain meteran dikisaran 25 ribuan, jika 3 meter berarti 75 ribu. Modal Background : 75.000 x 3 warna = 225.000,-

Untuk motif dan model background lain bisa anda cari di google seperti; background rak buku, background pemandangan dan background lainnya dengan ukuran di atas 1000 pixel semakin besar semakin baik, lalu dicetak dengan bahan vinyl ( bahan untuk backdrop atau spanduk ) dipercetakan.


4. Lampu Studio Mini
Untuk menambah pencahayaan dalam proses pemotretan anda memerlukan dua buah lampu, lampu saat berguna jika dalam pemotretan sangat kekurangan cahaya, untuk lampu cukup 20 Watt saja. Harga Lampu + Tripod  masing-masing 2 buah harganya dikisaran 500 Ribuan. (shopee)




5. Printer
Printer disini digunakan untuk mencetak hasil jepretan kamera. Pilihlah jenis printer yang memang peruntukkan untuk mencetak foto dan printer yang biasa digunakan untuk usaha cetak foto adalah jenis Epson dengan sistem pewarnaan menggunakan 6 warna.

Untuk pengadaan printer jenis ini disesuaikan dengan budget dana yang anda miliki, untuk printer Epson  L800 ukuran A4 dikisaran 3.5 Jutaan sedangkan Epson L1800 ukuran A3 dikisaran 7 Jutaan.

Baca Juga : Mengenal Jenis Tinta Percetakan Dan Fungsinya


6. Komputer / Laptop  
Komputer disini digunakan untuk memproses atau perangkat pengubung ke printer dan dapat digunakan untuk proses editing pada foto-foto yang ingin dirubah ukurannya dan menambahkan beberapa efek.

Spesifikasi Komputer PC :
- Processor Core i3 3.30 GHz
- RAM 4GB DDR3
- Hardisk 500GB
- VGA Card 2GB
- 3.0 USB Banyak
- Windows 10
- Layar LED 19 Inch
- Keyboard Mouse

Untuk komputer lebih disarankan menggunakan VGA Card karna nantinya akan banyak bermain menggunakan gambar. Harga dikisaran 3.5 Jutaan


7. Software
Untuk software bisa menggunakan Photoshop yang sangat handal dalam proses editing foto dengan berbagai efek yang menarik, gunakanlah software original dengan harga 3.9 Jutaan, tapi bisa juga ambil paket bulanan sekitar 300 ribuan.

Adobe.com
Ingin belajar Photoshop Dasar format Video Tutorial klik disini
Ingin belajar Photoshop Lanjut format Video Tutorial klik disini

Catatan :
Sebenarnya masih banyak peralatan yang diperlukan melengkapi Studio Foto anda untuk menciptakan hasil foto yang bagus, bisa anda lengkapi dikemudian hari. Untuk langkah awal persiapan cukup 7 point diatas.

Baca Juga :

Perkiraan modal untuk membuat studio foto sederhana ini Rp. 9.000.000,- dengan menggunakan kamera Pocket dan Printer Epson L800 ukuran A4.  

Nah itulah langka membuat studio foto sederhana rumahan dengan harga murah, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dalam proses membanguan usaha cetak foto. Semoga bermanfaat... tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA. 

1 Komentar untuk "Cara Membuat Studio Foto Sederhana Rumahan Murah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel