TUTORiduan.com

Sarana Belajar & Berbagi Ilmu Desain Grafis

Blog Tutorial Desain

Kumpulan Tutorial Desain dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW dan Photoshop, dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami, secara teori dan dilengkapi VIDEO Tutorial

Rabu, 15 Januari 2020

Tips Cara Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

TUTORiduan - Desain grafis sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita dan sudah merasuk di segaja lini kehidupan, saat bangun tidur sampai tidur lagi mata selalu merespon warna warni disekitar kita; yaitulah wujud desain grafis.


Membuat sebuah karya desain yang bagus dan disukai banyak orang adalah suatu hal yang sangat membanggakan dan menjadi diimpikan setiap desainer. Untuk menjadi seorang desainer yang handal memerlukan proses yang cukup lama.

Belajar desain grafis saat ini lebih mudah dengan adanya komputer juga banyaknya sarana dan media yang mengulas tentang desain grafis baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut.

Baca Juga :

Jika ingin menguasai ilmu desain grafis ada beberapa tips yang perlu anda pelajari dan praktekkan. Nah disini saya akan berbagi beberapa tips yang pernah saya lakukan dan sangat bermanfaat untuk awal belajar desain grafis. Ini saatnya anda berperan dalam warna warni desain grafis kehidupan dalam wujud karya desain. 

Tips Cara Belajar Desain Grafis Untuk Pemula.

Berikut cara belajar desain grafis untuk pemula menggunakan komputer yang tentunya telah dilengkapi aplikasi desain grafis.

1. Menentukan aplikasi desain grafis
Tips awal memulai belajar desain grafis adalah menentukan aplikasi yang ingin anda gunakan dari banyaknya aplikasi desain grafis yang telah ada. Pelajari dan pahami fungsi dari masing-masing tool-tool aplikasi tersebut.

Fokus di satu aplikasi desain grafis agar proses belajar desain lebih maksimal.

2. Belajar dari desain sederhana
Belajar desain tidak seharusnya mengambil contoh dari desain ribet atau desain yang banyak menggunakan aneka macam bentuk objek, jika anda paksakan saat mendesain mengambil contoh desain yang ribet dan tanpa bimbingan… maka anda akan mengalami kesulitan lalu cepat mengambil kesimpulan bahwa mendesain itu sesuatu hal yang SULIT dan berhenti untuk belajar desain grafis.

3. Koleksi Aneka Desain KEREN
Dalam proses belajar desain ada baiknya mengumpulkan desain-desain yang anda anggap bagus dan keren sebagai referensi untuk didesain ulang agar dapat mengetahui tingkat kesulitan dari desain tersebut dan juga dapat mengasah kemampuan yang anda miliki.

Cara mengumpulkannya bisa bermacam-macam cara. Mulai dari browsing di google pada situs-situs desain dan mem-bookmarknya di web browser atau bisa langsung menyimpannya di komputer.


Saya juga biasa mengambil gambar-gambar desain yang saya temui dijalan menggunakan Kamera  HP, baik berupa spanduk, pamphlet, baliho dan desain-desain lain yang bagus, unik dan keren. Dengan banyaknya pilihan, anda bisa memiliki lebih banyak inspirasi untuk mengembangkan gaya desain yang akan anda buat nantinya.

4. Pelajari Istilah-istilah Desain
Pentingnya memahami istilah-istilah dalam desain akan mempermudah anda pada proses belajar dan akan mengerti dalam menggunakan fitur-fitur desain. Ada banyak hal yang perlu dipahami. Mulai dari font, color palate, kerning, white space, alignment, hierarchy, background, foreground, dan banyak lagi istilah lainnya.

Mempelajari istilah desain bisa dimulai dengan membaca banyak istilah desain di Internet.

5. Belajar dari Media Online
Belajar desain grafis dengan bimbingan instruktur akan lebih efektif dan akan lebih cepat, tetapi memerlukan dana yang tidak sedikit untuk membayar instruktur tersebut. 
Belajar desain grafis secara gratis bisa melalui media online seperti situs-situs tutorial desain grafis secara teori atau belajar secara praktek melalui Youtube Channel desain grafis.


6. Berlatih Membuat Desain
Setelah memiliki aplikasi desain grafis, memahami teknik, gaya, dan juga istilah-istilah yang ada dalam desain, anda bisa melihat atau mempelajari desain memlalui tutorial. Selanjutnya kita bisa mulai membuat karya desain sendiri.

Harus sering berlatih. Semakin rajin berlatih, maka akan semakin mahir dalam mendesain. Karena tidak ada yang bisa mendesain hanya dalam satu malam. Semuanya membutuhkan proses. Termasuk desain.

Dengan terus berlatih anda akan jadi lebih mengetahui berbagai fungsi yang ada di alat atau software desain. Semakin mahir menggunakannya, semakin cepat pula proses mengerjakan desain.

7. Selalu Dengar Apa yang Diinginkan Audiens
Ide mendesain itu tidak selalu muncul dari pemikirian desainer sendiri, alangkah baiknya juga melibatkan audiens, anda harus mengetahui desain seperti apa yang diinginkan audiens. Sehingga desain bisa disesuaikan dengan target. Karena sebuah desain yang tidak cocok bagi audiens akan sulit untuk diterima.

Anda juga perlu melihat beragam contoh dari desainer-desainer kenamaan lain. Anda bisa mengikuti atau follow desainer yang memiliki ciri khas. Dengan begitu, kita akan bisa mengetahui tren dari desain yang sedang digandrungi banyak orang.

8. Jangan Takut Meminta dan Menerima Masukan
Apapun hasil desain yang anda buat sebaiknya mintalah pendapat dari desainer yang lebih berpengalaman berupa kritik yang membangun. Jangan takut menerima masukan.

Kritik yang membangun atau kritik yang bisa mengintimidasi akan membuat anda mengetahui kekurangan dari desain yang anda buat. Lagipula, penting bagi kita untuk memahami bahwa desain adalah sebuah karya yang subjektif. Dan kita tidak perlu sepenuhnya setuju dengan kritik yang disampaikan.


Jika memang tidak mengenal desainer yang lebih berpengalaman, kita bisa memposting karya kita ke media sosial. Dengan begitu, masukan akan datang langsung dari audiens yang kita targetkan. Kita juga bisa bertanya pada keluarga, kerabat, dan teman. Karena target desain kita memang sebenarnya bukan para desainer. 

9. Mulai Mendesain (Action)
Setelah anda mengerti dan memahami tips dan langkah-langkah di atas selanjutnya adalah memulai mendesain dan berlatih sehingga bisa segera menerapkan apa yang sudah dipelajari. Selain itu, dengan mulai mendesain, anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang membuat desain menjadi bagus dan apa saja yang tidak bagus. Sehingga anda tidak mengulanginya di kemudian hari.

Jika perlu sudah mulai menerima job desain sambil terus mengasah kemampuan desain anda.

Saat memulai desain jangan cepat menyerah….Tetap semangat.  Semua orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk belajar desain. Jangan pula membandingkan karya desain kita dengan karya desainer profesional.

Baca Juga :

Nah itulah Tips Cara Belajar Desain Grafis Untuk Pemula, semoga tips sederhana ini bermanfaat, tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA.

1 komentar:

About

captain_jack_sparrow___vectorRiduan
Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu yang saya punya melalu Blog TUTORiduan ini.
IG : @onlyriduan