10 Trend Desain Grafis 2020 Desainer Wajib Tahu


TUTORiduan - Tahun 2020 sudah datang menghampiri kita, pasti kita para penggiat desain dan semua orang bertanya-tanya seperti apa dunia desain grafis ditahun 2020. Tidak diragukan lagi, desain grafis selalu menjadi bidang kekaguman yang mendalam dan inspirasi besar bagi banyak orang dan kita semua tidak sabar untuk mengetahui trend desain 2020. 

Sebenarnya gaya atau model desain ini sudah banyak digunakan ditahun 2019, tetapi gaya atau model desain ini akan semakin trend ditahun 2020, desain apa saja yang akan trend ditahun 2020, mari kita ulas pada artikel kali ini.

Baca Juga :

Trend Desain Grafis 2020 :


1. 3D Depth and Realism (Desain 3 Dimensi)

Trend desain 3D akan mencapai puncaknya pada 2019. Berkat penggunaan teknologi modern dan kemampuan perangkat lunak, pada tahun 2020 desain 3D dengan komposisi desain yang lebih mengagumkan. Selain itu, agar lebih kreatif, desainer akan sering menggabungkannya dengan realitas lain, seperti foto dan objek 2 dimensi.

2. Desain Monochrome (Efek Monokrom)

Pada tahun 2019 sering kita jumpai kecenderungan desainer grafis dan web menggunakan efek warna monokromatik pada gambarnya. Pada tahun 2017 efek warna duotone malah sudah sangat tren. Nah...tren sekarang 2020 telah berkembang menjadi versi yang lebih sederhana. Filter warna monokrom banyak digunakan pada foto atau elemen partikel dalam komposisi grafik.

View source

Baca Juga : Cara Scan Gambar Ukuran Besar Di Scanner A4 Dengan Photoshop


3. Shiny Metals (Efek Metal Mengkilap)

Penggunaan efek metal dalam pada indentitas merek dan desain produk akan memberi kesan trendi. Secara umum, tren ini membutuhkan desain keseluruhan yang minimalis, karena fokusnya jatuh pada efek logam itu sendiri. Para desainer saat ini kebanyakan menggunakan efek emas yang akan memberi kesan mewah, berkelas, dan berselera baik. Tetapi efek metalik juga dapat dicapai dengan menggunakan permukaan mengkilap di atas permukaan matte dalam warna apa pun.


View source
Efek metalik juga dapat digabungkan dengan ukiran, trend ini akan terlihat mengesankan untuk bahan fisik identitas merek seperti kartu nama.

4. Typography Craze (Tipografi Gila)

Trend Tipografi akan semakin berkembang di tahun 2020 ini, yang tentukan para desainer akan menambahan dan menciptakan komposisi yang lebih inovatif dan modern.

Tipografi juga akan semakin trend dan menjadi perhatian dengan menambahkan motif bunga-bunga yang indah, bentuk-bentuk geometris, dan elemen-elemen yang lebih kreatif. Desain dapat dikombinasikan dengan trend tipografi maxi dari trend desain grafis 2019, maka tipografi artistik di tahun 2020 akan sangat menonjol. Pada tahun 2020 oleh desainer tipografi maxi akan membagi kata menjadi beberapa baris.

View source
Tipografi juga akan trend dengan teknik ke ketebalan, semakin tebal - semakin baik. Teknik ketebalan nantinya akan banyak diterapkan pada Font dan huruf, logo, poster, desain web, dan bahkan pada desain paket.

View source

Baca Juga : Cara Print Ukuran Besar Dengan Printer Kecil (A4)

Trend lainnya tentang tipografi di tahun 2020 adalah menggambar bentuk dengan tipografi; seperti bentuk berputar, lingkaran, atau hanya mengikuti kurva elemen lain dalam desain. Bentuknya bisa 2 dimensi dan bahkan 3 dimensi. Dan yang akan paling trend nantinya adalah membuat objek 3D dengan kata-kata seperti kubus, tangga, dan banyak lagi.

View source
Teknik semi transparansi dalam tipografi juga cukup trend di tahun 2020, nantinya kita akan melihat teknik semi transparansi dalam berbagai bentuk, berupa kata yang tumpang tindih satu sama lain, “tipografi ganda” dengan salinan kedua transparan, atau tipografi semi-transparan hanya di atas foto dan elemen-elemen lain dari komposisi desain.

5. Image and Text Masking (Gambar dan Teks Masking)

Menyembunyikan gambar dalam teks bukanlah teknik baru dalam dunia desain, tetapi di tahun 2020 teknik masking ini akan semakin trend. Teknik Masking Image adalah teknik menyisakan sebagian besar gambar di belakang teks yang tidak terlihat, ini akan menciptakan tampilan desain yang misterius dan minimalis.

View source

6. Line Art (Seni Garis)

Line Art atau Seni garis adalah gaya ilustrasi skematis dan disederhanakan. Line Art sendiri sebenarnya sudah cukup trend di tahun 2018 dan 2019, tetapi Line Art akan terus berkembang menjadi pola dan desain garis seni yang penuh ilustrasi dan animasi. Nantinya akan sangat bagus dalam menyampaikan konsep dan ide, desain line art akan terlihat bersih, elegan, dan tidak mencolok.

View source
Line Art adalah salah satu gaya dekorasi yang disukai dalam tren desain grafis 2020.

Baca Juga : Cara Mudah Scan Gambar Dengan Photoshop


7. Collages of Drawings and Photos (Kolase gambar dan foto)

Foto kolase adalah teknik menempel berbagai macam foto dalam sebuah kanvas, frame, kertas sehingga menjadi karya seni baru yang menarik. Teknik mencoret-corek yang menciptakan sebuah gambar juga menjadi trend yang menyenangkan dalam dunia ilustrasi.

View source

Mencoret-coret. Doodling telah dimulai sebagai trend yang menyenangkan di dunia ilustrasi dan  cepat menjadi terkenal sehingga kita melihatnya desain gaya ini di seluruh web.

View source

8. Isometric Illustrations (Ilustrasi Isometric)

Ilustrasi Isometrik sebenarnya sudah trend selama bertahun-tahun, dari tahun ke tahun Ilustrasi Isometric telah banyak bertransformasi. Ilustrasi Isometric banyak digunakan untuk desain infografis, desain web, dan desain presentasi. Karna kemampuan menggambar objek 2 menjadi objek 3 dimensi teknik Ilustrasi Isometrik sampai saat ini masih sangat disukai.

View source
Baca Juga : Cara Mudah Scan Gambar Dengan CorelDraw


Pada tahun 2020, trend objek bergerak akan semakin disukai. Desain grafis isometrik akan berkembang menjadi solusi visual yang sepenuhnya animasi dan sangat menarik. Menjadikan objek 3D pada permukaan 2D akan menjadi lebih nyata dari sebelumnya.

View source

9. Vintage Design (Desain Vintage (usang))

Segala sesuatu yang usang (50-an) atau sudah lama terlupakan, di tahun 2020 ini akan menjadi trend kembali yang tentukan akan sulit terlupakan dan akan menjadi inspirasi bagi desainer menciptakan karya desain. Dengan menggunakan nuansa warna yang bersahaja dan ilustrasi tinta yang digambar tangan, desainer web dan grafis menciptakan komposisi yang menyampaikan perasaan rumahan dari desain lama (50-an).


Sepertinya pada tahun 2020 ini akan mengalami ledakan dari masa lalu, setidaknya dalam desain grafis. Gaya vintage akan banyak digunakan dalam identitas merek dan desain paket, tipografi dan huruf. 

10. Liquids (Cairan)

Desain yang menyerupai cairan menunjukkan kreativitas, ketangkasan, dan gerakan. Sangat berbeda dengan betuk geometris yang memiliki tepi dan kurva yang desainnya benar-benar kaku. Liquids dapat memberikan tampilan yang halus dan lembut yang mampu diciptakan oleh banyak desainer, yang akan menjadi trend desain grafis 2020. Liquids sering dikombinasikan dengan efek lain, seperti semi-transparansi, warna-warna cerah dan gradien warna, animasi, dll.

View source
Baca Juga :

Nah itulah Tren Desain Grafis 2020 yang wajib anda tahu. Pada tahun 2020, kita akan melihat karya desainer yang sangat beragam dan mengesankan dan tentunya luar biasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda... tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA.

Sumber : graphicmama.com

2 Komentar untuk "10 Trend Desain Grafis 2020 Desainer Wajib Tahu"

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya 1 allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  2. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel