TUTORiduan.com

Sarana Belajar & Berbagi Ilmu Desain Grafis

Blog Tutorial Desain

Kumpulan Tutorial Desain dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW dan Photoshop, dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami, secara teori dan dilengkapi VIDEO Tutorial

Sabtu, 07 Desember 2019

Mengenal Jenis Kertas Undangan Lengkap


TUTORiduan - Sebelum memulai usaha percetakan undangan sebaiknya mengenal dulu jenis-jenis kertas undangan yang biasa digunakan untuk mencetak undangan. Banyak pilihan kertas undangan dengan berbagai macam ukuran dan tingkat gramatur berbeda-beda pula. Pastikan pilihan anda tepat saat menentukan jenis kertas yang sesuai permintaan konsumen.

Ada beberapa jenis kertas undangan yang tidak dapat dicetak dengan menggunakan tinta standart, jadi harus menggunakan tinta khusus untuk dapat menempel pada kertas dengan sempurna.
Kertas adalah bahan yang tipis, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. wikipedia
Kertas adalah salah satu media output yang dapat dilihat dan disentuh hasil dari sebuah karya seorang desainer, dalam hal ini desain undangan.

Baca Juga : 


Mengenal Jenis Kertas Undangan

1. Kertas Jasmine

Ciri khas Kertas Jasmine memiliki tekstur gliter. Jenis Kertas Jasmine tidak dapat melalu proses pencetakan. Jenis kertas jasmine hanya bisa menggunakan teknik emboss atau deboss. Kertas Jasmine tidak direkomendasikan untuk melalui proses percetakan dengan tinta karna kertas Jasmine cenderung sulit menyerap tinta, akan butuh waktu lama dalam proses pengeringan.

Bahan jasmine yang banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan ini, tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Gramaturnya mulai dari 100 gr, 120 gr, 150 gr, dan 200 gram.


2. Kertas Samson Kraft


Kertas Samson  Kraft merupakan kertas hasil dari daur ulang modern yang umumnya berwarna coklat dan kasar permukaannya. Karena terkesan klasik, maka kertas ini biasa digunakan untuk paper bag dan hang tag. Untuk undangan kertas samson bisa dibuat undangan model gulung.

Kertas Samson Kraft ini memiliki 2 tingkat gramatur yang paling sering digunakan, diantaranya 80 gr dan 70 gr. 


3. Kertas Art Paper


Kertas Art Paper mempunyai 2 jenis yaitu permukaan yang licin (blossy) dan semi doff (matt). Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang ini sebenarnya biasa digunakan untuk cetak brosur dan kalender gantung. Untuk undangan bisa dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover dari undangan, tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut. Hasil undangan dengan jenis kertas ini akan lebih terlihat mewah jika dilaminasi dengan doff, glossy, atau UV.

Hasil yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan jika dicetak diatas kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid.

Kertas Art Paper tidak bagus jika dicetak menggunakan tinta standart, hasil cetakan akan bagus jika menggunakan tinta Art Paper. Gramasi yang umum dipakai adalah 100gr, 120gr, 150gr.

Baca Juga : 5 Efek Foto Keren Photoshop (Free Action ) + Cara Menggunakan Action


4. Kertas Art Cartoon


Kertas Art Cartoon sama dengan kertas Art Paper, namun memiliki gramasi yang lebih tebal. Namun tidak jarang beberapa orang memilih art carton ini untuk dijadikan sebagai kertas pembuatan undangan. Bahan ini biasa digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, company profile, brosur dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Setelah dicetak pada bahan ini biasanya dilapisi dengan laminating/vernis untuk memberikan hasil yang lebih bagus. 

Kertas Art Cartoon tidak bagus jika dicetak menggunakan tinta standart, hasil cetakan akan bagus jika menggunakan tinta khusus seperti tinta Art Paper. Gramasi yang umum dipakai 190gr, 210gr, 260gr, 310gr, 360gr. 

Jenis kertas undangan ini bisa dijadikan alternatif bagi yang ingin cetak hardcover.


5. Kertas Ivory



Kertas ivory ini hampir sama seperti art carton, 2 sisinya putih, namun tidak seputih art carton. Yang membedakan Art Carton 2 sisinya licin, Ivory cuma 1 sisi yang licin. Untuk itu, sangat cocok untuk dijadikan undangan pernikahan, dan tentunya dengan menampilkan desain yang unik. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic, karena cukup tebal/kokoh.

Dilihat dari ketebalannya, Kertas Ivory memiliki variasi gramatur yakni 210 gr, 230 gr, 250 gr, 270 gr, 300 gr, 350 gr, 400 gr dimana semakin besar gramatur kertas semakin tebal.



6. Kertas Tulip


Kertas Tulip biasa juga disebut kertas kulit melon. Karena jenis kertas ini memiliki tekstur yang sangat mirip seperti kulit buah melon. Dengan tekstur yang sangat unik dan artistik ini, kertas tulip sering digunakan untuk mencetak undangan yang menengah ke atas. Hal ini dikarenakan kertas tulip memberikan kesan yang mewah, unik dan berkelas. Kertas jenis tulip ini tidak memiliki pilihan gramatur. 

Kertas Tulip hanya ada 2 pilihan ketebalan. Yaitu yang tebal atau disebut karton. Dan yang satu lagi yang tipis. Namun jenis kertas ini memiliki banyak pilihan warna seperti kertas jasmin, ada warna pink, krem, putih, hijau, biru, dan lain-lain.


7. Kertas Matt Paper

Sama halnya sepert Art Paper, kertas Matt Paper mempunyai fungsi yang sama yaitu bisa digunakan sebagai bahan dasar kertas untuk pembuatan undangan. Yang membedakan hanya karakteristiknya saja. Secara kasat mata, Matt Paper memiliki tekstur yang serupa dengan Art Paper.

Hanya saja jika dilihat lebih detail, kertas ini memiliki perbedaan mendasar pada permukaan, yakni tidak mengkilap. Kertas Matt Paper sendiri sering digunakan juga dalam mencetak majalah karena bisa memberi nuansa doff sehingga lebih terkesan elegan.

Hal lain yang membuat kertas jenis ini sering digunakan adalah karena Matt Paper lebih cepat meresap tinta dibandingkan dengan kertas Art Paper. Gramaturnya juga sama seperti Art Paper, yaitu 85 gram, 100 gram, 120 gram dan 150 gram.

Baca Juga : Cara Kombinasi Warna Agar Desain Jadi Menarik


8. Kertas Fancy
Fancy polos

Fancy Paper

Fancy Paper Vanguard

Bahan lain yang bisa jadi pertimbangan adalah fancy paper. Jenis kertas ini sangat cocok untuk membuat kartu undangan, karena teksturnya yang unik sehingga dapat memberi kesan premium. 

Ada banyak jenis kertas ini, seperti; Fancy Polos, Fancy Paper dan Fancy Vanguard. Gramasi yang tersedia dipasaran adalah 80 gr, 100 gr, 220 gr, dan 300 gr.



9. Kertas BW / BC / Manila



Kertas BW juga bahan yang lazim digunakan untuk kartu nama, booklet atau kalender. Kertas BW (blues white) memiliki beberapa nama seperti kertas BC atau kertas manila.

Kertas BW ini mempunyai banyak warna pilihan atau setidaknya 5 warna populer yang bisa didapatkan (merah, biru, kuning, hijau, putih). Kertas BW mulai diminati dan digunakan sebagai bahan dasar kertas undangan. Walaupun undangan yang menggunakan jenis kertas ini tergolong kategori undangan murah.

Gramasi yang populer digunakan 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.



10. Kertas Linen/Buffalo



Kertas Liner bertekstur dan bermotif layaknya kertas Concorde, namun motif dan teksturnya terlihat bergaris, padat menyerupai serat kain. Kertas Linen sangat cocok digunakan dalam pembuatan; Kartu Undangan, Pencetakan Foto, Sertifikat, cover agenda, notes atau buku.

Biasanya, banyak orang memilih kertas Linen ketika ingin membuat undangan unik. Selain unik, jenis kertas ini mempunyai karakter kuat sehingga jika desain undangan yang Anda buat sangat tepat, maka undangan yang dihasilkan akan terlihat mewah namun tetap elegan.


Kertas Linen atau Buffalo terdiri dari beberapa varian gramasi, mulai dari 150 hingga 250 gram.

Baca Juga : Pengertian Desain Grafis dan Ruang Lingkupnya


11. Kertas Concorde


Kertas Concorde merupakan jenis kertas yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Jenis kertas ini cocok untuk kartu nama dan booklet karena memiliki terkstur lembut saat dipegang, dan kertas ini juga dapat digunakan untuk kop surat atau amplop (Concorde tipis) dan untuk kartu nama atau certifikat (Concorde tebal).

Kertas Concorde bisa juga digunakan untuk bahan undangan pernikahan bisa memberikan nuansa romantis. Biasanya Concorde tabal dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak saja (black or white). Sehingga kesan romantisnya tetap terjaga.

Namun hati-hati, kertas Concorde tebal jika terlipat akan menyisakan luka pada teksturnya, bahkan telihat patah-patah. Kertas ini memiliki gramasi 160 gr, 220 gr, 220 gr, dan 250 gr. Tersedia berbagai warna dan umumnya dijual per pack dengan isi 20 lembar.


12. Kertas Aster


Kertas Aster memiliki tekstur dan permukaan yang halus. Jenis kertas undangan Aster termasuk dalam kategori kertas mahal. Karena harga yang memang mahal namun kualitasnya memang baik dan cocok sekali digunakan untuk bahan undangan.

Bagi orang yang ingin membuat undangan pernikahan ekslusif, kertas Aster sering kali menjadi alternatif. Tersedia beragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain untuk bahan undangan, jenis kertas Aster sering kali digunakan untuk certifikat, kartu nama dan piagam penghargaan.


13. Kertas Akasia



Kertas Akasia merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur seperti kain dengan garis-garis seperti membentuk tenunan.

Kertas jenis ini sering digunakan dalam mencetak undangan, sertifikat, piagam hingga foto. Undangan pernikahan yang menggunakan bahan ini akan terkesan mewah dan sangat menarik.

Hindari mencetak warna blok pada kertas jenis ini, karena memang kertas Akasia ini sering kali meninggalkan debu seperti pasir akibat potongan kertas sehingga warna yang dihasilkan seperti bolong-bolong tidak solid.


14. Kertas Hawai



Jenis kertas Hawai mempunyai tekstur kasar, bahkan saat diraba akan terasa lekukkan-lekukkan kecil beraturan. Kertas Hawai sangat cocok untuk undangan pernikahan. Ada beberapa pilihan warna kertas. Namun yang paling populer adalah warna biru dongker dan merah maroon.

Dua warna kertas hawai itulah yang sering digunakan dalam membuat kartu undangan, karena dinilai sebagai warna yang mempunyai karakter. Untuk mendapatkan hasil cetak yang baik, biasanya immpresion pada mesin cetak ditambah supaya warna yang dihasilkan lebih solid.

Undangan pernikahan dengan bahan Hawai bisa menampilkan hasil lebih berkualitas.

Baca Juga : 
Nah itulah jenis-jenis kertas yang cocok digunakan dalam pembuatan berbagai macam undangan. Jadi, bahan kertas mana yang cocok untuk undangan pernikahan Anda?

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengatahuan anda tentang jenis-jenis kertas undangan. Jangan lupa bahagia... tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

captain_jack_sparrow___vectorRiduan
Berbagi pengalaman dan sedikit ilmu yang saya punya melalu Blog TUTORiduan ini.
IG : @onlyriduan