10 Jenis Kertas Foto Kamu WAJIB Tahu, Nomor 3 Paling OK

Banyaknya kebutuhan penggunaan kertas foto untuk mengabadikan berbagai momen, seperti mencetak foto keluarga, foto wisuda dan momen-momen foto penting lainnya, membuat produsen kertas memproduksi beraneka ragam jenis kertas foto.

Penggunakan smartphone yang didukung dengan berbagai kamera mumpuni yang dapat menghasilkan foto sesuai dengan keinginan pengguna membuat penggunaan kertas foto sangat meningkat dalam mengabadikan momen-momen tersebut.

Apa itu kertas foto ?

Photo paper atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Kertas Foto adalah kertas yang peka akan cahaya sehingga dapat dibubuhi gambar hasil fotografi diatasnya.

Buat kamu yang menjalankan usaha cetak foto wajib mengetahui 10 jenis kertas foto yang biasa digunakan dengan karakteristik yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga :

Untuk mendapatkan hasil cetak yang diinginkan selain tepat memilih kertas foto, yang juga harus diperhatikan juga kualitas tinta yang digunakan. Begitu juga sebaliknya, meskipun tinta yang anda gunakan adalah tinta terbaik dengan harga selangit namun jika anda menggunakan kertas foto yang salah maka hasilnya tidak akan bagus.


3 Tips Memilih Kertas Foto

Karena kertas foto ada banyak jenisnya dan diproduksi oleh produsen yang berbeda, oleh karena itu, sebelum membeli kertas foto anda harus mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini. Antara lain:

1. Ketebalan

Rata-rata kertas foto cukup tebal dibanding kertas biasa yang digunakan. Untuk ukuran ketebalan kertas foto bisanya lebih dari 280gsm. GSM merupakan tingkat ukuran gram per meter persegi.


2. Elemen kontras

Rata-rata kertas foto berwarna dasar putih. Putih adalah elemen kontras yang paling nyata agar foto hasil cetakan lebih hidup.

Namun nilai ini biasanya variatif dan bahkan beberapa kertas foto terdiri dari campuran beberapa warna. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini sebelum membeli kertas foto. Nilai keputihan akan mempengaruhi kualitas foto yang akan dicetak.


3. Kecerahan

Terkadang, karena tekstur foto yang diambil dalam kontras tertentu membuat foto terlihat tidak menarik saat dicetak.

Pertimbangkan hal ini sebelum membeli kertas foto. Sebab, nilai kecerahan adalah elemen penting agar foto setelah dicetak terlihat terlihat segar.

Baca Juga : Mengenal Jenis Tinta Percetakan dan Fungsinya

Setelah anda mempertimbangkan 3 hal diatas, selanjutnya anda bisa menentukan jenis kertas yang akan dipilih untuk mencetak foto.


10 Jenis Kertas Foto yang Umum Digunakan

Untuk mengetahui karakteristik masing-masing kertas foto, berikut 10 Jenis Kertas Foto yang Umum Digunakan

1. Kertas Foto Glossy [Glossy photo paper]

Ini adalah salah satu jenis kertas foto yang dengan permukaan reflektif, halus dan mengkilap. Jika anda menggunakan kertas ini untuk mencetak foto maka hasilnya akan terlihat kontras namun lebih menarik serta licin saat disentuh.

blog.deprintz.com

Kertas foto glossy juga terdiri dari beberapa varian warna yang kaya dan berbeda di satu sisi dengan sisi yang lain.

Secara keseluruhan, kertas glossy merupakan pilihan yang baik untuk mencetak foto sehari-hari maupun mencetak foto dengan warna yang lebih cerah.

Secara garis besar, kertas glossy memiliki kualitas sebagai berikut :

  • Halus, tanpa tekstur di permukaan
  • Mengkilap, reflektif
  • Hidup dalam warna
  • Kualitas tajam
  • Warna cerah
  • Dapat meninggalkan sidik jari ketika disentuh
  • Cenderung lengket pada bahan gelas atau kaca


2. Kertas foto Matte [Matte photo paper]

Kertas ini diproduksi oleh industri cetak foto karena dua kelebihan. Yang pertama karena tidak memantulkan cahaya [gloss] disatu sisi dan dan kedua tahan noda dan bekas jari.

informazone.com

Kertas foto Matte memiliki permukaan yang sangat halus dan tidak mengkilat. Jika anda memilih mencetak foto menggunakan kertas ini maka akan terlihat efek kontras yang lebih rendah dan biasanya hanya digunakan untuk meningkatkan tekstur cetakan.

Adapun kualitas kertas matte secara garis besar yakni sebagai berikut.

  • Halus, bertekstur di permukaan
  • Tidak Mengkilat
  • Lebih tahan goresan
  • Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  • Baik untuk bingkai foto
  • Terlihat Professional

Salah satu kelemahan dari kertas foto jenis ini adalah warna yang dihasilkan setelah mencetak dan biasanya akan mengurangi saturasi warna, kecocokan gambar nyata dan refleksi yang tak terlalu jelas.


3. Kertas Foto Kilau [Lustre photo paper]

Kertas ini memiliki sedikit tekstur lapisan yang berkilau dan halus seperti mutiara. Saturasi warna pada kertas ini lebih dalam dibandingkan dengan kertas matte dan lebih tinggi kontras warnanya dengan kertas yang lebih tebal. Kertas luster tidak menampilkan sidik jari, anti silau, dan tampak professional jika digunakan untuk bingkai pada dinding. Hasil dari kertas ini mampu menangkap campuran glossy dan matte dengan hasil yang lebih indah dan tekstur mengkilap.

blog.deprintz.com

Sebagian besar studio fotografi pernikahan biasanya mencetak hasil foto menggunakan kertas Lustre Finish atau kertas foto kilau.

Adapun kualitas jenis kertas Luster adalah sebagai berikut.

  • Tajam seperti mutiara
  • Halus, mengkilap namun tidak menyilaukan
  • Saturasi yang kaya warna
  • Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  • Warna yang lebih kontras
  • Kertas yang lebih tebal
  • Baik untuk bingkai foto
  • Terlihat Professional


4. Kertas foto Metalik [Metallic photo paper]

Kertas jenis ini memiliki kualitas yang sangat tahan lama dibandingkan yang lain dan hasilnya pun mengkilap seperti chrome. Lapisan kertas ini halus dengan ciri khas metalik, warna khas yang mencolok seperti logam, kontras warna yang lebih beragam dengan ketajaman yang luar biasa. 

blog.deprintz.com

Adapun kualitas dari jenis kertas foto metallic yakni sebagai berikut.

  • Hasil akhir Halus
  • Warna Tajam
  • Terlihat Mengkilap
  • Kaya Warna
  • Lebih tahan lama

Baca Juga : Mengenal Jenis Kertas Undangan Lengkap


5. Kertas Foto Magnet [Magnet sheets]

Ini adalah jenis kertas foto Magnet Glossy premium yang cocok digunakan untuk mencetak foto kreasi yang telah dipersonalisasi.

Kertas ini lebih cocok digunakan untuk membuat kartu nama, foto keluarga yang bisa ditempel di pintu kulkas atau untuk membuat stiker bemper.


6. Kertas Foto Dua Sisi [Double-Side Paper]

Jenis kertas yang satu ini kebanyakan digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya, yaitu bagian depan dan belakang. Ya, sudah bisa diketahui dari namanya yaitu double-side paper.

aliexpress.com

Karakteristik permukaan kertas ini tidak terlalu mengkilap tapi cenderung doff sehingga menghasilkan kualitas cetak yang cukup bagus. Jika ingin mencetak pamflet dan brosur yang menggunakan foto atau gambar sebagai sarana promosi, kertas ini sangat recomended.

Baca Juga : 15 Efek Foto Keren Photoshop (Free Action ) + Cara Menggunakan Action


7. Kertas Foto Kanvas [Canvas photo paper]

Kertas Kanvas terdapat tekstur kain yang sangat menonjol namun cukup dekoratif. Dengan tampilan seperti ini, cetakan foto menggunakan kertas akan terlihat unik apalagi jika dibingkai atau dibuat untuk kertas pembungkus serta scrapbooking.

masterplotter.com


Atau misalnya, jika anda ingin mencetak foto untuk tujuan pembingkaian, kertas foto Kanvas adalah pilihan yang tepat.

Kertas ini juga sering digunakan oleh fotografer professional untuk mencetak foto-foto berkualitas tinggi guna dipamerkan.

Adapun kualitas dari jenis kertas foto kanvas yakni sebagai berikut.

  • Memiliki ketebalan minimal 180 gsm
  • Lebih awet dibandingkan kertas glossy
  • Memiliki daya serap tinggi jadi tinta mudah kering
  • Memiliki tekstur kasar yang membuat hasil cetakan sangat bagus

Namun ada satu kelemahan menggunakan kertas foto ini, memiliki harga jual yang cukup mahal


8. Kertas Foto Tenun [Woven photo paper]

Kertas foto ini terbuat dari anyaman yang dilapisis resin dengan lapisan yang mengkilap. Permukaan kertas ini cukup tahan air.

Tekstur tenunan membuat kertas ini menjadi pilihan yang cocok untuk foto pernikahan, fotografi professional atau untuk tujuan kerajinan.

Baca Juga : Cara CEPAT Cetak Pas Foto 4x6 3x4 2x3 dengan Action Photoshop


9. Kertas Foto Berstektur [Textured photo paper]

Kertas foto berstektur dibentuk dengan beragam tekstur dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman mencetak foto yang unik dan beda.

Kertas ini termasuk kertas cetak bebas noda, tahan air, dan dibentuk secara khusus agar kompatibel dengan semua jenis printer foto InkJet.


10. Kertas Foto untuk Stiker [Photo sticker paper]

bukalapak.com

Kertas stiker foto biasanya dilapisi resin serta perekat untuk mencetak dan menempelkan gambar atau foto favorit anda di dinding, pintu kamar, dan tempat-tempat lain. Anda dua jenis kertas foto ini yakni mengkilap dan matte.

Nah itulah 10 Jenis Kertas Foto yang umum digunakan. Pastikan jenis kertas foto yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.... tetap semangat untuk terus berusaha dan sukses selalu untuk ANDA.

Sumber : bungkul.com

Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Kertas Foto Kamu WAJIB Tahu, Nomor 3 Paling OK "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel