Tips Cara Menentukan Harga Jual Desain

TUTORiduan - Menentukan harga jual desain adalah hal yang sedikit rumit, apalagi anda baru mulai terjun didunia jasa desain. Akan sangat mudah jika anda sudah memiliki jam terbang cukup lama yang memiliki banyak portofolio.

Menentukan harga jual desain

Biasanya teman-teman desainer yang sudah berpengalaman ada dua metode menentukan besarnya tarif sebuah project desain grafis, yang pertama berdasarkan Hourly Rate, dan yang kedua berdasarkan Fixed rate.

Untuk metode Hourly Rate (harga perjam) dan Fixed Rate (harga tetap dari awal desain hingga selesai) anda sendiri yang dapat menetukan, biasanya desainer pemula akan mengalami kesulitan saat menentukan harga.

Baca Juga :


Menentukan Harga Jual Desain

Nah berikut ini saya berbagai tips bagaimana cara mentukan harga jual desain

1. Jenis Desainnya

Desain grafis itu banyak sekali jenisnya; ada desain logo, desain ilustrasi, desain cover, brosur, dan banyak desain lainnya. Dari jenis-jenis desain itu tentunya memilki harga yang berbeda-beda, jadi anda harus tahu dulu jenis desain apa yang anda jual atau anda sediakan.


2. Dimana Pasarnya

Setiap daerah/kota harga jasa desain berbeda-beda, ibarat anda pemain bola diliga mana? liga di Indonesia sangat berbeda bayarannya dengan liga di luar negeri dan liga di luar negeri juga dibagi berbeda-beda juga, apa di Asia atau di Eropa yang tentunya mempunyai rate harga yang berbeda-beda juga. 

Nah jika anda bermain di Indonesia, maka anda akan mendapatkan rate harga rendah karna daya beli orang Indonesia masih sangat rendah, apalagi menghargai sebuah desain. Jadi sebaiknya mencoba bermain di pasar luar untuk mendapatkan rate harga tinggi, sebagai contoh sebuah desain logo yang sama akan sangat berbeda nilai rate harga terendahnya jika dibandingkan bermain pasar Indonesia dan luar negeri.


3. Siapa Kliennya

Untuk klien disini dibagi 3 tipe klien :
  • Perorangan
  • Company (perushaan), dan untuk company dibagi lagi menjadi :
    - Perusahaan skala kecil
    - Perusahaan skala menengah (UKM)
    - Perusahaan skala besar.
  • Agency
    Orang yang punya klien lalu disubkan untuk dikerjakan oleh freelancer desain lain.

Nah jadi anda harus mengetahui klien yang ingin menggunakan jasa anda agar anda bisa menentukan harga yang cocok untuk project desain tersebut.


4. Jenis Projectnya

Untuk jenis project dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Desain sekali putus
    Untuk desain sekali putus biasanya harga kita tawarkan lebih mahal.
  • Desain berlanjut
    Untuk desain berlanjut biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah atau mendapatkan discont karena desain tidak putus tetapi tetap berlanjut.

5. Jam Terbang

Masing-masing desain itu memiliki harga jual desain yang berbeda-beda dikarenakan jam terbang yang berbeda-beda pula.

Jam terbang ini berkaitan dengan 2 hal yaitu :
  • Pengalaman berapa lama anda bergerak dibidang tersebut
  • Banyaknya klien atau portofolio sebelumnya
Semakin lama pengalaman dan banyaknya klien yang anda miliki maka akan menaikkan harga jual desain anda, karna bisa anda tunjukkan portofolio atau hasil kerjaan desain anda sebelumnya yang akan menjadi nilai lebih anda dimata klien.


6. Skill

Harga desain itu berbeda-beda disebabkan juga karna skill yang dimiliki juga berbeda-beda. 
Untuk skill disini juga dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Skill Desain
    Skill desain yaitu skill dalam mendesain anda, bagus atau tidak desain yang anda buat, apakah anda memiliki pengetahuan tentang seni atau engga.
  • Skill Marketing
    Skill marketing yaitu skill yang dimiliki untuk memasarkan desain anda, bisa jadi anda kurang dari segi skill desain tetapi anda malah memiliki kemampuan di skill marketing tentu harga jual desain anda akan lebih tinggi.
Baca Juga :

Nah itulah 6 tips bagaimana cara menentukan harga jual sebuah desain yang dapat anda gunakan sebagai acuan menentukan harga desain baik untuk anda desainer pemula atau desainer yang telah berpengalaman. Semoga artikel ini bermanfaat... tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA.

3 Komentar untuk "Tips Cara Menentukan Harga Jual Desain "

  1. Aslm.. Bang sy ada buka usaha reklame stemple, neonboxx dll.. Jika ae tawarkan design logo di stemple dan neonboxx.. Kira2 brp..
    Jazakallah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasa desain di Indonesia untuk yg udah berpengalaman itu di kisaran 15 dollar/jam

      Coba survey di kota mas jasa serupa dihargain brp, survey di percetakan yg ramai dan terkenal di kota mas

      Memberi harga jgn juga terlalu mahal dan jgn terlalu murah, perhitungkan lama proses pengerjaannya

      Hapus
  2. Ketika mau memberikan harga mahal terkadang di tempat lain murah, dan sepertinya para pemula desainer bukan mengutamakan mutu tetapi mengutamakan harga murah dan asal asalan, sehingga yang profesional menjadi tergerus oleh lapak pemula 😊

    Tapi biarlah, rezeki memang sudah ada yang mengaturnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel