15 Efek Foto Keren Photoshop (Free Action ) + Cara Menggunakan Action


TUTORiduan - Saat ini banyak sekali beredar berbagai macam kamera yang dibekali dengan berbagai macam fitur yang bertujuan untuk memanjakan penggunanya. Dengan banyaknya fitur yang disediakan yang bertujuan untuk menciptakan hasil foto yang bagus dan keren.

Tetapi jika anda tidak memiliki kamera yang bagus yang tentunya harganya sangat mahal, anda bisa menggunakan berbagai macam action photoshop yang membuat foto menjadi bagus dan tentunya keren ala photografer handal.
Action Photoshop adalah sebuah tool atau fitur  yang ada di photoshop yang berfungsi sebagai rekaman kegiatan dalam mengedit sebuah foto atau gambar, yang nantinya hasil rekaman bisa di gunakan pada foto dan gambar berikutnya.
Nah kali ini saya ingin berbagi 15 Efek Foto keren dengan Action Photoshop dan bagaimana cara menggunakannya Action Photoshop tersebut.

Baca Juga : 

15 Efek Foto Keren Photoshop - Free Action

Berikut 20 Efek Foto Keren Photoshop :

1. Efek Foto Oil Paint 



Efek Foto Oil Paint atau disebut dengan Lukisan cat minyak dengan menggunakan action photoshop adalah seni merubah foto agar menyerupai seperti lukisan cat minyak.


2. Efek Foto Collage Art


Efek Foto Collage Art atau Seni Kolase merupakan komposisi artistik dari berbagai bahan seperti kertas, kain, kaca, logam dan lain sebagainya yang kemudian disusun dan ditempel di permukaan gambar sehingga terbentuklah sebuah seni kolase.

Nah bedanya dengan Digital Collage Art adalah media pengolahannya. Sesuai dengan namanya Digital Collage Art ini dibuat secara digital menggunakan beberapa software pengolah grafis seperti, Photoshop, Coreldraw, Illustrator, dll. Pada aplikasi photoshop dapat menggunakan Action Photoshop.

3. Efek Foto Paint



Efek Foto Paint adalah sebuah efek yang menyerupai lukisan pada sebuah canvas dengan sapuan kuas menggunakan campuran air, dapat dibuat dengan menggunakan Action Photoshop.

4. Efek Foto Sepia



Efek Foto Sepia adalah salah satu efek yang memberikan kesan jadul, kusam, kuno dan sangat lawas yang dapat dibuat dengan menggunakan Action Photoshop. 

Tersedia 30 efek Sepia yang dapat anda gunakan.

5. Efek Foto Cinematic


Efek Foto Cinematic / Sinematik adalah sebuah efek foto menyerupai kaidah film untuk bioskop.  Coba perhatikan bila kita menyaksikan film yang diputar di bioskop nyaris tidak ada gambar (shot) yang kurang bagus, semua indah enak dilihat. 

Untuk menghasilkan efek foto sinematik dengan cepat dan mudah dapat menggunakan action Photoshop.

6. Efek Foto Sketsa Pencil



Efek Foto Sketsa Pencil adalah efek yang terlihat layaknya gambar dengan arsiran sebuah pensil. Efek ini sebenarnya banyak cara namun yang paling mudah membuatnya dengan menggunakan photoshop action.

7. Efek Foto Cartoon Art



Efek Foto Cartoon adalah efek foto penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa, dengan menggunakan photoshop action membuat efek kartun akan sangat mudah. 

8. 25 Efek Foto Dark Color



Efek Foto Dark Color adalah efek foto yang awalnya terang dirubah menjadi gelap , warnya lebih dominan hitam. Ada 25 efek foto dark yang dapat anda gunakan... selamat mencoba.

9. 130 Efek Foto Background Bokeh


Bokeh adalah sebuah kata yang diserap dari bahasa Jepang oleh dunia fotografi, artinya adalah “Mengaburkan“. Dalam fotografi, secara teknis bermakna “blur” alias tidak jelas yang dihasilkan dari keterbatasan lensa kamera dimana cahaya yang masuk menjadi “out of focus” alias tidak terfokus.

Jadi Efek Foto Background Bokeh adalah efek foto yang mana backgroundnya dibuat blur. Ada 130 efek background bokeh yang dapat anda gunakan dengan menggunakan action photoshop.

10. 8 Efek Foto Dispersion



Efek Dispersion adalah efek penyebaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa efek ini adalah memanipulasi foto seperti menyebar tertiup angin. Ada 8 efek dispersion yang dapat anda gunakan dengan menggunakan action photoshop.


 11. 4 in 1 Efek Foto Dispersion



Efek Dispersion adalah efek penyebaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa efek ini adalah memanipulasi foto seperti menyebar tertiup angin. Ada 4 efek dispersion 3D menarik yang dapat anda gunakan dengan menggunakan action photoshop.

12. Efek Foto Insta Blogger



Efek Foto Insta Blogger adalah efek foto menarik layaknya seorang selebriti atau blogger fashion, dari apa yang mereka makan sampai busana yang dipakai satu harian dengan tagar #OOTD, foto OOTD mereka sangat ditunggu dan memiliki banyak penggemar.

13. Efek Foto Vintage



Vintage umumnya merujuk pada sesuatu yang kuno. Tapi kata ini pada awalnya tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kuno. 

Dalam dunia fotografi, vintage biasanya mengacu pada foto-foto dengan tema hitam putih. Tema-tema foto dengan kesan coklat juga umumnya selalu identik dengan vintage.  
Jadi Efek Foto Vintage adalah efek foto yang terlihat kuno atau jadul yang warnanya lebih terlihat hitam putih atau coklat.

Kini, foto vintage semakin populer adanya aplikasi media sosial Instagram yang bisa membuat foto lebih terkesan vintage. Dengan menggunakan action photoshop semua itu dapat dengan mudah dibuat. 

14. Efek Foto Ablue


Efek Foto Ablue adalah efek foto dengan warna yang terang dan dominasi warna biru, merah dan keunguan. Dengan menggunakan action photoshop semua itu dapat dengan mudah.

15. BEST9 Cinematic Photoshop Slideshow


Action hanya dapat digunakan pada aplikasi Photoshop CC
Gambar dibawah cara menggunakan actionnya


Action photoshop ini digunakan untuk membuat animasi slideshow dari kumpulan foto-foto yang terlihat sangat menarik untuk ditonton, dengan menggunakan action ini proses pembuatannya sangat mudah sekali.... selamat mencoba.

Baca Juga : 

Cara Menggunakan Action Photoshop

Berikut ini kita akan membuat Efek Foto Collage Art, untuk menggunakan efek ini, ada 2 langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu :

1.  Memasukan Action

  • Buka jendela Action ( Window > Action ) atau Alt + F9
  • Download action yang diinginkan, setelah didownload jangan lupa di Extract, 

  • Setelah diexstract maka anda mendapatkan 2 file penting, yaitu; file Action dan File Patterns. Kedua file ini yang nanti akan digunakan untuk menciptakan efek foto Collage Art.

  • Berikutnya cara memasukkan file action ke aplikasi photoshop yang kita gunakan, klik popup menu yang ditunjukkan pada lingkaran merah, lalu klik Load Actions.

  • Selanjutnya pilih file action yang telah didownload "Collage Art Photoshop Action"... lalu klik tombol Load. Kalau berhasil maka pada jendela action akan ditambahkan action yang baru dimasukkan.


2.  Memasukkan Patterns

  • Setelah action berhasil kita masukkan, selanjutnya proses memasukkan Patterns.
  • Aktifkan Brush Tool, pada option bar klik panah untuk menampilan jenis brush, selanjutnya klik gambar Gear (lingkaran merah), lalu pilih menu Preset manager

  • Selanjutnya akan tampil jendela Preset Manager, pada Preset Type pilih Patterns, lalu klik tombol Load, lalu pilih file Patterns "Collage Art Patterns", maka pada jendela akan ada penambahan 10 jenis patterns.


  • Proses memasukkan action dan pattrens selesai.


Cara Membuat Efek Foto Collage Art

  • Buka foto yang diingin diberi efek Collage Art
  • Selanjutnya objek utama diseleksi dan dirubah warnanya menjadi hitam, seleksi bisa menggunakan Quick Selection Tool.
  • Selanjutnya Duplikat objek yang telah diseleksi
  • Selanjutnya objek hasil duplikat dijadikan hitam keseluruhan ( dengan menekan tombol Alt + Delete ) dan tulisan layer 1 diganti menjadi mark
  • Selanjutnya action siap dijalankan
  • Caranya : Aktifkan Layer mark, pilih actionnya, lalu klik tombol Play (lingkaran merah), maka photoshop akan membuatkan efek foto yang anda inginkan.

  • Efek Foto Collage Art telah berhasil dibuat
Catatan :
Jika aplikasi photoshop anda uninstall, maka semua action atau patterns yang anda masukkan akan hilang.

Kalau penjelasan diatas kurang jelas, maka anda dapat melihat video tutorial bagaimana cara menggunakan action secara detail pada video tutorial dibawah ini :


Cara Membuat Action Photoshop

Untuk mempermudah dalam proses editing dan mempercepat proses cetak foto, action photoshop dapat kita buat sendiri, bagaimana cara membuat action photoshop dapat anda lihat link dibawah :


Nah itulah 15 Efek Foto Keren Photoshop pilihan saya dan bagaimana cara menggunakan actionnya, semoga tutorial ini bermanfaat dan sukses selalu untuk ANDA. 

1 Komentar untuk "15 Efek Foto Keren Photoshop (Free Action ) + Cara Menggunakan Action"

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya 1 allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel