Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan dengan Modal Kecil


TUTORiduan - Untuk memulai sebuah usaha bagi sebagian orang adalah hal menakutkan! Takut rugilah, takut bangkrutlah dan ketakutan-ketakutan lainnya dan sebagian orang juga pasti berpikir untuk memulai juga memerlukan dana yang tidak sedikit. 

Pada artikel kali ini saya akan berbagi Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan hanya dengan modal Komputer/Laptop dan Printer saja serta menguasai aplikasi desain grafis seperti; CorelDraw, Photoshop atau aplikasi grafis lainnya.

Baca Juga :

Tips ini bisa dijalankan dengan modal kecil dan tanpa harus menyewa tempat, untuk tempat bisa menggunakan rumah anda sendiri bahkan bisa tempat kost bagi anda yang masih pelajar atau mahasiswa. 

Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan dengan Modal Kecil

Berikut ini Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan :

1. Membuat Nama Percetakan

Sebuah nama untuk tempat percetakan merupakan hal penting agar konsumen bisa dengan mudah mengenali desain-desain yang telah anda buat dan mempermuhkan anda untuk mempromosikan tempat usaha anda.

2. List Produk 

Buat list produk apa saja yang bisa anda kerjakan, jangan berpatokan pada kemampuan perangkat anda saja, yang tidak dapat anda kerjakan juga dimasukkan list tetapi nanti yang mengerjakan pihak ketiga seperti; spanduk, baliho dan cetakan lain yang peralatan anda tidak mampu untuk memprosesnya.

Baca Juga : Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

3. Kartu Nama Usaha

Buatlah kartu nama untuk usaha percetakan anda, yang sudah mencantumkan nama percetakan anda, kontak / nomor yang bisa dihubungi dan list produk yang bisa anda kerjakan.


4. Membetuk Link Usaha

Membentuk link disini artinya lakukan kerjasama dengan beberapa percetakan besar baik itu yang berada di kota anda atau yang berada di luar kota. Mengapa harus membentuk link usaha! cetakan-cetakan yang tidak mampu kita kerjakan karna keterbatasan peralatan, maka yang mengerjakan adalah pihak ketiga. 

Catatan :
  • Saat melakukan bekerjasama dengan pihak ketiga (percetakan besar) mereka akan meminta kartu nama usaha anda... nah itulah mengapa harus membuat kartu nama.
  • Untuk harga cetak bisanya lebih murah kalau antar sesama percetakan jika dibandingkan dengan harga untuk konsumen umum.

5. Membuat Banner Usaha

Buatlah banner atau papan nama untuk usaha anda. Membuat papan nama tidak harus yang mahal atau permanen, cukup buat penyerupai spanduk yang dapat dipasang di depan rumah lengkap dengan list produk yang anda kerjakan. 

6. Promosi Usaha

Banyak orderan yang masuk tergantung dari anda mempromosikan usaha anda. Promosi gratis dan efektif bisa melalui media sosial pada group-group yang banyak pengikutnya. Mengapa harus promosi? Konsumen tidak akan tahu akan usaha percetakan anda jika tidak dipromosikan, apalagi tempat usaha anda lokasi di dalam gang yang tidak begitu terlihat.

7. Service Excellent (Pelayanan Prima)

Pelayanan prima terhadap konsumen akan memperpanjang kelangsungan usaha anda. Pelayanan bisa berupa mendatangi konsumen, memberikan garansi jika ada kesalahan cetak, mengantar hasil cetakan ke konsumen atau bisa memberikan gratis desain jika orderan dalam jumlah banyak.

Jika konsumen dapat terlayani dengan baik dan merasa puas, dan jika suatu saat ada kenaikan harga produk itu bukan masalah bagi mereka.

Catatan :
Semua tips diatas berdasarkan pengalaman saya sendiri...hasilnya sampai saat ini masih terus berjalan dan tentunya usaha yang sangat menguntungkan.


Baca Juga : 

Nah itulah Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan dengan Modal Kecil dan jangan lupa untuk terus melengkapi peralatan cetak anda agar usaha anda semakin berkembang dan maju. Semoga artikel ini bermanfaat... tetap semangat dan sukses selalu untuk ANDA.

7 Komentar untuk "Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan dengan Modal Kecil"

  1. Terima kasih share pengalamanya,, saya juga lagi merintis percetakan rumahan,,, hehe

    BalasHapus
  2. smg berkah usahanya krn sdh mau berbagi.

    BalasHapus
  3. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel