Apa itu Banner Serta Fungsi dan Jenisnya

TUTORiduan - Apa itu banner? Dalam kehidupan sehari-hari selalu disuguhkan berbagai macam desain yang berisikan berbagai macam informasi pada media yang salah satunnya berbentuk banner beraneka macam bentuk dan ukurannya.

Fungsi dan Jenis banner
Banner adalah suatu media informasi non personal yang berisi pesan promosi, baik itu untuk tujuan menjual ataupun untuk memperkenalkan sesuatu kepada khalayak. (maxmanroe)
Di era digital istilah banner sering digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks pada sebuah website atau blog. Banner pada sebuah website/ blog biasanya disertai dengan link aktif yang ketika diklik/ tap akan mengarahkan pengguna website/ blog tersebut ke halaman website yang dipromosikan.

Baca Juga : 


Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Coba kita lihat pengertian banner menurut beberapa ahli berikut ini :

1. Rachmat Kriyantono
Menurut Rachmat Kriyantono, pengertian banner adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menyampaikan pesan untuk menjual sebuah produk yang memungkinan lebih banyak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

2. Darmadi Durianto
Menurut Darmadi Durianto, pengertian banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, banner adalah media promosi yang berisi pesan atau berita yang menjadi informasi untuk khalayak ramai dan juga menjadi bahasa promosi untuk berdagang yang akan menarik minat para konsumen untuk mengenali sebuah produk yang diiklankan.

4. Wikipedia
Menurut Wikipedia, banner web adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan internet. Bentuk iklan tersebut umumnya merupakan bagian dari suatu halaman blog atau website yang dipakai untuk menarik perhatian pengunjung supaya mengunjungi (mengklik iklannya) situs web yang diiklankan.

Baca Juga : Peralatan Desain Grafis Wajib Dimiliki oleh Desainer Pemula


Fungsi dan Tujuan Banner

Setelah membaca penjelasan arti banner yang di atas, berikut ini beberapa fungsi banner sebagai berikut:
  1. Media Informasi; pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif sebagai media informasi kepada khalayak, baik itu banner offline maupun banner di website/ blog.
  2. Media Promosi; sama halnya sebagai media informasi, banner juga efektif digunakan sebagai media promosi. Namun, tentu saja pemasangan banner harus berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum.
  3. Identitas/ Ciri Khas; banner pada sebuah website/ blog dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas website tersebut sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya. Banner di website juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan branding secara online.


Jenis-Jenis Banner

Berikut jenis-jenis banner dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya :

A. Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

1. Ukuran Standar
Banner yang berukuran standar biasanya digunakan untuk kepentingan promosi seperti Window pop up. Berikut ini contoh banner ukuran standar.
  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

2. Banner dan Buttons
Untuk jenis banner yang ini digunakan pada situs media di internet atau pada blog. Berikut ini beberapa ukuran yang sering digunakan
  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard


B. Jenis Banner Berdasarkan Bentuk

1. X-Banner
Banner ini berbentuk huruf X dengan dua tiang penyangga. Biasanya tiang penyangga terbuat dari bahan aluminium ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. X-Banner dapat digunakan berulang-ulang dan sangat cocok untuk digunakan untuk indoor maupun outdoor.

2. Mini X-Banner
Mini X-Banner sama bentuknya dengan X-Banner tapi ukurannya lebih kecil. Jenis banner ini biasanya diletakkan di atas meja dan digunakan untuk mempromosikan suatu informasi, misalnya jadwal acara atau menu makanan.

3. Roll Banner
Roll banner berbentuk gulungan (roll), dimana penggunaannya sangat praktis. Banner ini cukup ditarik dari sisi atas ke bawah sehingga terlihat secara keseluruhan.


Demikian penjelasan singkat tentang pengertian banner, fungsi dan jenis-jenisnya sebagai media promosi yang biasa digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang banner juga mengetahui banner yang mana yang dapat anda gunakan untuk media promosi usaha anda.

Sumber: maxmanroe

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Banner Serta Fungsi dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel