Ini Langkah Cara Memulai Jadi Youtuber Sukses

TUTORiduan - Youtube merupakan sarana bersifat visual yang dapat memberikan berbagai macam informasi berupa hiburan, pembelajaran, promosi dan berita.Youtube saat ini dianggap lebih efektik dibandingkan tulisan, maka tidak heran semakin banyak orang yang bekerja dibidang pembuatan video atau Youtuber (Content Creator).

Cara jadi Youtuber Sukses

YouTuber atau Content Creator, juga dikenal sebagai pembuat konten YouTube, adalah jenis videografer yang menghasilkan video untuk situs web berbagi video YouTube. wikipedia
Sebagian orang beranggapan menjadi seorang Youtuber adalah hal yang sepele, yakni tinggal rekam video, edit dan bagikan di akun Youtube,  dan menunggu pembayaran dari pihak Youtube. Apakah benar sesederhana dan semudah itu ?

Baca Juga :

Bagi yang tidak pernah mencoba terjun langsung memang akan beranggapan pekerjaan ini mudah. Tapi sebenarnya pekerjaan ini membutuhkan upaya yang sangat besar agar bisa menjadi seorang Youtuber (Content Creator) yang sukses.

Langkah Memulai Jadi Youtuber

Jika ingin menjadi seorang Youtuber lakukanlah sepenuh hati dengan kesabaran dan konsisten untuk selalu mengunggah video juga pelajari tips suksesnya. Berikut  langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin menjadi Youtuber Sukses seperti dikutip dari Suara.com.

1.  Membuat Akun Google

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjadi Youtuber adalah harus memiliki akun Google. Kenapa harus memilik akun Google, karna akun Google ini diperlukan untuk mendaftar atau membuat akun Youtube nantinya. Caranya, buka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah mendaftarnya.


2. Membuat Channel Youtube

Langkah berikutnya adalah membuat nama Youtube Channel sesuai keinginan, bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten yang anda buat nantinya. Pastikan pilih nama Channel yang mudah diingat agar mudah dikenal orang lain.



Pastikan juga nama channel tidak sama dengan channel yang telah ada.


3. Tentukan Konten yang Akan Dibagikan

Selanjutnya buatlah konten pada Channel Youtube. Konten adalah isi dari channel Youtube anda yang akan mewakili seluruh video yang ada di dalam akun Youtube anda. Ada banyak konten yang bisa dijadikan pilihan. Mulai dari konten desain, kecantikan, fashion, DIY (Do It Yourself), resep masakan, games dan masih banyak lagi.


Buatlah konten sesuai bidang yang anda suka, agar pembuatan video pun jadi lebih mudah. Buatlah video semenarik mungkin agar pengunjung menjadi betah dan selalu tetap berada di channel anda. 

Konten yang ditentukan memang wajib memperhatikan selera pasar. Tapi kembali lagi, kalau anda tidak menyukai konten tersebut, buat apa? Bisa jadi nantinya malah tidak maksimal.


4. Punya Perlengkapan yang mendukung

Untuk menjadi Youtuber sukses adalah memiliki perlengkapan dan peralatan yang mendukung. Tentu selain peralatan utama seperti ponsel atau komputer maupun kamera. Anda perlu peralatan penunjang lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan tema Youtube Channel Anda. Ini sangat penting untuk menciptakan sebuah konten yang menarik dengan kualitas video yang baik.



Peralatan pendukung seperti; Mic, tripod, memori card, lightning dan peralatan pendukung lainnya.


5. Lakukan Editing yang Natural

Video yang diungguh harusnya sudah melalui proses editing, karna video yang diunggah merupakan gabungan klik video antara momen satu dengan lainnya dan akan disatukan melalui proses editing. Proses editing dilakukan juga untuk mengatur pencahayaan supaya video terlihat menarik.


Usahakan agar durasi video yang akan diupload tidak terlalu panjang agar penontong tidak bosan dan juga tidak terlalu pendek, minimal durasi yang disarankan 10 Menit agar penanyangan iklan bisa maksimal.

Untuk editing video saya menggunakan Camtasia Studio, bisa juga menggunakan aplikasi editing video yang lain seperti; Filmora, Adobe Premiere, Sony Vegas Pro. dan untuk Android bisa menggunakan Kinemaster dan FilmoraGo.


6. Berbagi Konten Lewat Media Sosial

Untuk yang baru memulai menjadi Youtuber perlu mempromosikan video-video yang telah diunggah agar dapat disaksikan banyak penonton. Untuk mendatangkan banyak penonton, bagikan video yang sudah diupload ke jejaring sosial anda, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram dan lainnya. Beritahu teman anda bahwa anda punya channel youtube supaya mereka langsung menonton video tersebut.



Untuk Facebook bisa mempromosikan melalui group-group yang telah anda ikuti. Membuat Fanpage Facebook juga salah satu promosi yang sangat efektik untuk mempromosikan Channel Youtube anda.


Membagikan video di medsos harus juga memperhatikan aturan yang telah ditentuka, jangan sekali-kali melakukan spam. Kalau kedapatan melakukan spam, maka bisa saja akun medsos anda diblok, yang secara langsung akan merugikan anda sebagai Youtuber.


7. Memaksimalkan Jumlah Subscriber

Jumlah Subscriber akan bertambah jika video yang anda sajikan bermanfaat dan menarik juga tentunya akan menuai banyak komentar penonton, berkomentar dengan maksud bertanya, mencari/membully. Apapun komentar penonton sebaiknya anda menjawab komentar tersebut, jika komentar berupa challenge atau pujian, berikan likes.


Respons yang diberikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara Youtuber dengan penonton. Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel Youtube anda pun bisa lebih disukai, jumlah subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

Pastikan konten video yang dibagikan bermanfaat bagi orang banyak dan dibuat semenarik mungkin.


8. Menambah Subscriber dengan Giveway

Banyak Youtuber yang kebanjiran subscriber dengan sering mengadakan giveaway kepada para penonton. Giveaway diberikan bukan hanya sekedar untuk menambahkan traffic pengunjung atau menambah subscriber, tapi juga sebagai bentuk apresiasi kepada penonton yang setia mengunjungi saluran Youtube anda.


Giveaway yang diberikan tidak perlu mahal, apalagi anda masih sebagai YouTuber pemula. Dengan bermodalkan Rp. 250.000 saja, anda bisa mengadakan giveaway demi menambahkan relasi dengan para penonton.


9. Konsisten Membuat dan Berbagi Video

Konsisten dalam membuat dan mengunggah video itu sangat penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula channel YouTube anda tampil di beranda youtube. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.


Konsisten dalam membuat video, maka jumlah pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka akan mengapresiasi usaha anda dalam membuat video.

Baca Juga :
Nah itulah langkah-langkah memulai jadi YouTuber Suskes untuk pemula jangan takut untuk mencoba. Kegagalan terbesar itu bukan saat channel YouTube anda tidak berkembang, tapi karena ketakutan untuk mencoba dan anda kurang sabar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu untuk ANDA.

Belum ada Komentar untuk "Ini Langkah Cara Memulai Jadi Youtuber Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel