12 Trend Desain Grafis 2021 Desainer Wajib Tahu

Tren desain tahun 2021 menjadi berita penting bagi pelaku usaha dibidang desain, trend desain 2021 juga menjadi referensi bagaimana arah desain kedepannya dan tentunya menjadi pemasukan bagi pelaku usaha bidang desain dan percetakan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen.

Di tahun 2020 kita mengalami masa yang aneh dan sulit, semua dilakukan secara online, lockdown, penutupan paksa toko dan institusi pendidikan, dan lain sebagainya memiliki dampak yang sangat besar. Pembelajaran jarak jauh, belanja online, dan pencarian hiburan serta bekerja dari rumah dan platform komunikasi semuanya telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Orang dan bisnis harus beradaptasi lebih cepat dari sebelumnya, dan seperti biasa dalam periode perubahan dramatis, teknologi dan tren harus mencerminkan kebutuhan pelanggan dan berjuang melawan sudut pandang mereka. Mode dan teknik baru terus berkembang dan untuk tetap menjadi yang terdepan, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen, khususnya dibidang desain.

Ada elemen tertentu dari desain situs web yang akan bertahan, kecepatan tinggi, navigasi yang mudah, dan keamanan yang ditingkatkan, serta munculnya mode gelap hemat baterai dan hemat mata. Tren desain grafis terbaru bekerja dengan aspek-aspek ini, meningkatkannya secara visual. Dan tidak hanya desain situs web yang kita bicarakan, efek riak pada merek perusahaan, logo, pemasaran, ilustrasi umum, dan disemua bidang desain grafis juga terlihat jelas.

Baca Juga :

Jadi, mari kita pikirkan sejenak dan buat beberapa prediksi. Berdasarkan, tentu saja, pada penelitian dan pengalaman, kami ingin memberi Anda semua desainer kreatif beberapa wawasan tentang apa tren dan mode populer tahun 2021 nantinya.

Tren Desain Grafis Teratas di 2021 adalah :

  1. 3D Design
  2. Emoji Design
  3. Nature-Inspired Design
  4. Optical Illusion Design
  5. 3D Typography Design
  6. Cartoon Illustrations in Design
  7. Gold Design
  8. Voxel Art Design
  9. Monochrome & Duotone Design
  10. Geometric Shapes Design
  11. Typography Chaos Design
  12. Color…less Design


2021 akan menjadi tahunnya :

1. 3D Design

Tren desain 3D bukanlah hal baru, tetapi semakin keren dan keren. Tren desain ini adalah salah satu yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan kemampuan perangkat lunak yang lebih modern. Bangkitnya Augmented Reality dan Virtual Reality dalam aplikasi dan desain web UI berkinerja tinggi, peningkatan kecepatan internet dan teknologi, perangkat lunak siap pakai yang luar biasa - semua hal ini berarti bahwa desainer meningkatkan game 3D mereka.

Example by Leo Natsume

Example by Leo Natsume

Penyimpangan populer akan mengarah ke visual yang sangat nyata dan nyata untuk mengaburkan digital dan fisik. Untuk menjalankannya, kami memperkirakan bahwa visual 3D ini akan sangat berdampak, tidak hanya didorong sebagai elemen kecil tetapi juga menjadi pusat perhatian, bahkan mendominasi seluruh halaman. Tren panas menyisir gambar fotografi dengan elemen ilustrasi juga memengaruhi 3D. Perancang tren menggabungkan desain 3D dengan foto atau ilustrasi datar. Yang lain menambahkan gerakan dan animasi, semuanya untuk membuat situs menonjol dari serangan orang lain.

Contoh penggabungan Digital dan Fisik Visual 3D bisa lihat pada link dibawah :

Kreasi yang memukau secara visual ini tidak semata-mata untuk nilai artistik, tetapi juga menarik dan melibatkan penonton, menarik perhatian mereka.


2. Emoji Design

Emoji adalah bentuk piktogram yang sekarang ada di mana-mana, yang memungkinkan perancang menambahkan emosi ke pernyataan, situs, atau media cetak. Nada suara desainer web atau kedipan kecil di akhir kalimat, dan mereka semakin populer, bahkan menjadi fitur utama komunikasi. Terutama tetapi tidak hanya di media sosial- Snapchat, Instagram -Emoji mendorong interaksi. Hal yang sama dapat dikatakan tentang semua desain Anda, penggunaan Emoji menciptakan reaksi dan respons, mereka meringankan suasana (dan kita semua membutuhkannya) dan mereka mengkomunikasikan perasaan yang mendasarinya.


Example by Multiple Owners

Contoh Emoji Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

Karena semua alasan ini, tren penggunaan Emoji dalam desain kemungkinan besar akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang. Saatnya untuk menjadi kreatif ketika ada sesuatu di mana-mana, Anda perlu tampil beda. Trend untuk tahun 2021 adalah penggunaan emoji yang semakin kreatif dan imajinatif. Pikirkan berbagai gaya dan teknik untuk membuatnya, tetapi juga berbagai cara dan tempat untuk memasukkannya ke dalam desain Anda. Anda memiliki keuntungan bahwa orang-orang mengenal dan menyukai mereka, sekarang Anda perlu mendorong mereka keluar dari zona nyaman mereka tetapi tetap menjaga pesan tetap jelas.

Example by SoLemon


Example by Mego studio


3. Nature-Inspired Design

Tren desain organik, lebih lembut, dan natural telah muncul perlahan di sela-sela tren teratas selama 10 tahun terakhir ini. Ide untuk meniru alam, cahaya alami, warna dan tone yang lebih lembut, bersahaja, gradien alami dalam skema warna, garis-garis yang mengalir - oh ya, itu telah kembali menjadi mode. Sesuai dengan tren minimalis, palet warna yang diredam, ilustrasi, ada filter warna yang dirancang untuk menciptakan suasana alami, tekstur yang menampilkan kayu, batu, dll. Tanda-tandanya sudah ada sejak lama. Tapi dorongan besar datang agak tiba-tiba.

Efek samping yang terdokumentasi dengan baik dari situasi pandemi saat ini adalah rasa haus akan alam. Tidak mengherankan, orang yang sudah lama tidak diizinkan berada di luar, tiba-tiba ingin mencari alasan untuk keluar. Orang yang belum pernah melihat lapangan, ingin piknik, pria yang menghabiskan setiap akhir pekan menopang bar seolah entah dari mana perlu berjalan tanpa alas kaki di sepanjang pantai! Sementara desainer mungkin ingin mengatur suasana dan mendorong tren, desainer komersial mungkin melakukan yang benar dengan merefleksikan mood. Jika Anda tidak bisa pergi ke gunung, biarkan gunung mendatangi Anda.

Example by Orlagh Murphy

Example by Kateryna Yemchyk

Contoh Nature-Inspired Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :
Dan kualitas esensial alam cocok untuk semua desain, semua teknik, dan semua bidang komersial. Merupakan berkah bagi para desainer bahwa sumber inspirasi ini menjadi tren yang diinginkan masyarakat tahun 2021.


4. Optical Illusion Design

Ketika citra yang diterima otak tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tipuan mata, apa yang Anda lakukan? Segera berpaling dan lupakan, atau luangkan waktu untuk menatapnya mencoba menyelesaikannya. Kami tahu jawabannya. Jika Anda tidak yakin, telusuri desain unggulan di bawah ini dan lihat berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk melihatnya!

Example by Txaber_

Example by Figure ™

Example by Ben Johnston

Contoh Optical Illusion Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :
Jadi, kita telah membahas keuntungan dari desain yang menarik perhatian, dan menjaga agar pemirsa semakin sibuk di situs Anda. Desain Ilusi Optik sangat ideal untuk ini dan 2021 akan menjadi tahun di mana desainer menjadi benar-benar funky dengan mode ini. Jika brand Anda memiliki sesuatu yang berhubungan dengan gagasan gerakan dan keanehan atau spiritualitas, tetapi bahkan jika Anda hanya ingin desainnya menonjol, perbaiki dalam ingatan, miliki faktor wow itu, maka desain ilusi layak dipertimbangkan.


5. 3D Typography Design

Prediksi tahun 2021 adalah desain tipografi populer tahun 2020 akan bertransformasi menjadi 3D. Huruf ultra-realistis yang terasa seperti Anda dapat menjangkau dan menyentuhnya. Di samping 3D ini terdapat elemen animasi, tekstur, dan pola. Faktanya, desain tipografi dengan cepat menjadi simbol inovasi yang hebat dalam desain grafis, memanfaatkan semua teknik yang paling modis, mudah digunakan, dan menggunakannya dengan cara yang menakjubkan dan imajinatif.

Example by T A V O .

Example by – SAWDUST –

Example by hayoung lee

Contoh 3D Typography Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

6. Cartoon Illustrations in Design

Ilustrasi Custom telah menjadi cara yang bagus untuk membuat desain Anda menonjol dari keburaman umum situs web dengan elemen grafis yang berat, tampilan digital yang bersih, dan desain minimalis yang ramping. Ilustrasi lebih bervariasi, menarik, multi-teknik dari sebelumnya dan dapat meningkatkan desain sambil tetap pada intinya, dan sejalan dengan etos, yang ingin Anda tampilkan. Kita semua hanya untuk ilustrasi dan mereka tidak akan keluar dari radar tren di masa mendatang. Tetapi tren desain populer berikutnya dalam ilustrasi adalah karakter kartun Custom.

Sebuah format yang membuat variasi, mudah beradaptasi, imajinatif tetapi menambah keceriaan, dan menimbulkan senyuman. Sempurna untuk branding yang mudah diingat, sangat baik untuk menciptakan atmosfer produk atau situs, dan sangat multifungsi. Anda bisa menggunakan karakter Anda di website, kartu nama, poster, materi presentasi, sungguh tidak ada batasan. Dan semua orang tanpa kecuali menikmati kartun.

Example by Aadhya Baranwal

Example by hayoung lee

Contoh Cartoon Illustrations in Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

7. Gold Design

Efek metalik dalam desain sedang dan akan menjadi uber-trendy di tahun 2021. Sudah populer di desain produk, lihat smartphone terbaru, fashion ini akan menjadi ciri tren desain 2021. Mereka sangat cocok dengan penyimpangan menuju desain minimalis, karena mereka memiliki faktor minat bawaan tetapi mereka juga mengerjakan elemen yang lebih kecil untuk menarik perhatian mereka.

Desainer telah berhasil bereksperimen dengan tampilan metalik yang berbeda seperti perak, kuningan, dan timah tetapi emas tetaplah sang ayah. Emas memamerkan semua variasi desain metalik, matte, mengkilap, efek cahaya reflektif, emboss, tergores dan tergores dan dipotong.

7.1. Gilding for Luxury Feel (Penyepuhan untuk Rasa Mewah)
Emas pasti memberikan kesan mewah dan mahal dan desain ini menggambarkan bagaimana emas akan menetapkan tren 2021. Menyepuh barang-barang sehari-hari untuk memberikan kesan ekstra istimewa.

Example by Multiple Owners

Example by Hassan Ahmed

Contoh Gilding for Luxury Feel dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

7.2. Gold & Material Mix for Modern (Campuran Emas & Material untuk Modern)
Pada tahun 2021, emas digunakan dalam kombinasi dengan bahan lain dengan berbagai cara dan cara yang imajinatif. Di sini emas memberikan kontras yang mencolok, yang pasti akan membuat penonton kagum.

Example by Juan

Example by LAUNDRY ™

Contoh Gold & Material Mix for Modern dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :


8. Voxel Art Design

Voxel adalah kubus 3D, pada dasarnya adalah versi 2d dari piksel 2D. Anda akan melihatnya di banyak video game seperti Minecraft dan gayanya dapat langsung dikenali, hampir seperti balok lego. Anda dapat melihat mengapa gaya ini akan membuat pergerakan besar naik tangga mode untuk tahun 2021. Kita telah membicarakan tentang 3D sebagai pemain utama, dan kita telah memperkirakan penggunaan elemen bentuk untuk membentuk kreasi yang lebih menarik, seni Voxel sangat banyak kombinasi keduanya. Sebuah teknik yang sangat visual, kesederhanaan dan daya tarik retro yang sedikit kekanak-kanakan namun sangat modern.

Anda hanya perlu melihat-lihat pilihan desain hebat yang dipilih sendiri ini untuk merasakan apa yang bisa dilakukan. Ini dinamis dan menyenangkan, dan sangat, sangat berkesan.

Example by William Santacruz

Example by Martin

Example by Vida Foruzan


9. Monochrome & Duotone Design

Ide palet yang sangat terbatas telah ada selama beberapa waktu dalam desain modern. Sebagian dipengaruhi oleh tampilan dan getaran yang halus dan keren, tetapi juga sebagai kompensasi atas peningkatan ilustrasi dan grafik kompleks lainnya. Sebagian ini membantu para desainer, dengan menggunakan waktu terbatas Anda pada elemen yang lebih kompleks dan menggunakan tema warna sederhana. bagi konsumen, ini juga membantu menyederhanakan desain sehingga otak tidak dibanjiri dengan campuran fitur desain yang rumit yang saling bermain satu sama lain.

Example by Karina Ucug

Desain duotone dan monokrom adalah langkah logis berikutnya, memungkinkan desainer untuk menciptakan suasana latar belakang tetapi tetap menggunakan trik teknologi. Mudah bagi desainer untuk menggunakan filter monokromatik dan bereksperimen dengan nada duel sambil tetap menyisakan ruang untuk benar-benar mengekspresikan diri. Poin plus lainnya adalah rasa otomatis dari struktur dan harmoni yang diberikan oleh gaya desain ini. Kami tahu orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer mereka, dan tidak selalu kehilangan pilihan. Ada gagasan bahwa ini mendorong kebutuhan akan tema yang lebih santai dan tenang untuk situs dan warna adalah salah satu jawabannya, menyatukan situs sebagai satu kesatuan yang utuh dan menekankan efek emotif warna.

Contoh Monochrome & Duotone Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

10. Geometric Shapes Design

Tren desain ini adalah sesuatu yang kami lihat akan muncul untuk sementara waktu, tetapi tampaknya akan mencapai puncaknya pada tahun 2021. Ide menggunakan bentuk individu untuk membuat bentuk yang lebih besar dan lebih kompleks. Blok besar dan padatan sering kali dengan warna dan garis yang kuat bercampur dan disatukan untuk menghasilkan kombinasi imajinatif.

Ide ini tampaknya melepaskan diri dari kenyataan dan dalam beberapa aspek menggarisbawahi bagaimana balok sederhana dibangun dan tumbuh menjadi ide yang lebih bulat dan dapat dikenali. Hubungan tersebut melibatkan pembentukan sesuatu yang jauh lebih besar daripada komponen individu, ideal dengan pengaruh infografis yang terus berkembang. Meskipun kita bisa membaca terlalu banyak filosofi, mungkin itu hanya cara yang keren dan mencolok dalam menggambarkan gambar.

Apa pun itu, kami telah menghasilkan serangkaian desain yang sangat ikonik yang dimulai dengan favorit 2021 ini - elemen 3D.

10.1. 3D Geometric Shapes in Design (Bentuk Geometris 3D dalam Desain)
Mengelola untuk memadukan kesederhanaan desain blok dengan kedalaman, bayangan, dan efek gradien 3D akan menjadi hal yang populer di tahun 2021. Sederhana dan memikat tampaknya memberikan ruang lingkup yang besar untuk kreasi dan desain imajinatif.


Example by Maria Zaitseva


Contoh 3D Geometric Shapes in Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

10.2. Simple Geometric Shapes in Design (Bentuk Geometris Sederhana dalam Desain)
Ada seni untuk menghasilkan sesuatu yang dengan cerdik berkesan dari bentuk dasar, dan itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan pada tahun 2021. Bentuk datar sederhana tetapi bukan desain sederhana, abstrak, dan percaya diri.

Example by Natalia Cebotari

Example by Tran Mau Tri Tam

Example by Broklin Onjei

Example by TomaszPawlo023

Contoh Simple Geometric Shapes in Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :


11. Typography Chaos Design

Tipografi seringkali dapat dilihat sebagai cerminan langsung dari zaman budaya, jenis art nouveau organik mencerminkan upaya masyarakat pada umumnya untuk melepaskan diri dari masa lalu pada pergantian abad terakhir. Di masa-masa sulit kita mencari nostalgia dan gaya vintage menjadi mode yang buruk. Untuk alasan yang sama, kami menghadirkan tipografi "CHAOS", apa yang bisa lebih tepat. Kurangnya teks dan perataan huruf, campur urutan huruf dan kata, melanggar aturan saat berjalan. Apa yang lebih tepat untuk tahun 2021?

Example by Ashley Jakubowski

Example by Multiple Owners

Example by Stephany Castro

Example by Victor Kovalenko

Contoh Typography Chaos Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :


12. Color…less Design

Ada sesuatu yang menghibur dan sederhana tentang kurangnya warna di dunia yang beraneka warna. Warna-warna bentrok warna-warni yang cerah adalah salah satu cara yang sangat jelas untuk menarik perhatian langsung, tetapi 2021 bisa jadi tahun terjadinya reaksi negatif. Dalam dunia yang cepat, ultra-sensasional, lihat-ke-aku, pilihan cerdas bukanlah bersaing dengan yang lebih besar dan lebih cerah, tetapi pergi ke arah yang berlawanan. Trend Tahun 2020 terlihat pergerakan menuju palet yang diredam dan tahun 2021 sepertinya akan mengambil satu langkah lebih jauh.

Example by Bhavna Kashyap

Example by Quan

Efek hitam putih klasik, lembut, halus, sangat memikat. Anda menyalakan TV di sore hari dan menemukan film hitam putih lama, kita semua pernah ke sana. Seberapa sulit untuk mematikan atau mengganti saluran? Ada pesona magis yang hampir menghipnotis dan rasa nostalgia. Benar-benar sempurna untuk hari-hari gila ini. Tren desain grafis ini memiliki efek yang sama. Ini tidak membosankan, tidak membosankan, - skema yang dirancang untuk menciptakan suasana dan membiarkan efek lainnya; gerakan, bayangan, animasi, bentuk organik cair, konten, menonjol. Lebih lembut pada mata yang lelah karena berjam-jam di depan komputer, itulah desain mode gelap permanen.

Example by Sèrgi Mi

Example by Sèrgi Mi

Example by Victa Wille

Jangan berpikir kita hanya berbicara hitam dan putih dengan skala abu-abu, meskipun gaya klasik ini sesuai dengan kebutuhan. Mode ini bekerja sangat baik dengan sepias lembut, dan juga warna highlight yang minimal. Sangat keren dan sangat efektif. Masuki dunia ini dengan memeriksa beberapa desain luar biasa ini.

Contoh Color…less Design dalam bentuk animasi bisa lihat pada link di bawah :

Final Word (Kata-Kata Terakhir)

Prediksi selalu berada di pangkuan para Tuhan, dan tidak pernah lebih dari saat ini. Namun dunia tidak berhenti dan begitu pula kebutuhan akan inovasi baru yang menarik, hal besar berikutnya. Dunia desain grafis adalah dunia yang sedang mengalami perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sebuah dunia yang jika ingin menjadi yang teratas harus terus berjalan. Selera berubah, teknologi bergerak maju, dan kami mengikuti kisah mantel mereka mengejar atau kami mendorong ke depan. 

Baca Juga :
Tren desain teratas tahun 2021 ini hadir untuk Anda lihat, untuk menginspirasi Anda, untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar, untuk berdebat tentang, untuk menolak sebagai omong kosong, untuk memicu mojo Anda - terserah Anda.

Sumber : graphicmama.com

Belum ada Komentar untuk "12 Trend Desain Grafis 2021 Desainer Wajib Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel