Cara Mudah Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar dengan CorelDraw

Kaligrafi Kufi atau bisa juga disebut khat Kufi adalah Kaligrafi arab tertua dan merupakan sumber dari seluruh kaligrafi arab. Kufi merupakan hasil adaptasi dari script tua abjad Nabatian. Pemberian nama Kufi diambil dari tempat asalnya. Kaligrafi ini awalnya muncul di kota Kufah, Irak, yang kemudian menyebar ke seluruh jazirah Arab.

Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar
Kaligrafi Kufi Melingkar

Orang Arab pada zaman dahulu memperindah gaya Kaligrafi Kufi dengan menyisipkan unsur ornamen. Dengan penambahan ornamen tersebut, maka muncullah beragam corak Kufi dengan gaya yang baru.

Ada beberapa jenis Kufi, yaitu :

  1. Kufi Basit
  2. Kufi Muzakhrof
  3. Kufi Musattar
Pada tutorial kali ini saya akan berbagi Cara Mudah Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar dengan menggunakan aplikasi CorelDraw.

Baca Juga :


Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar

Pada pembuatan kaligrafi kufi melingkar ini, kami akan memberikan tutorial menggunakan kaligrafi Assalamu'alakum. Adapun jenis kaligrafi kufi yang akan kita buat adalah Kaligrafi Kufi Musattar.
Kaligrafi Kufi Melingkar

Kaligrafi Kufi Musattar

Apa itu Kufi Musattar ?

Kufi Musattar merupakan kaligrafi yang tersusun dari garis lurus yang bertemu dengan garis vertikal. Pertemuan garis tersebut membentuk sudut siku yang tegak lurus tanpa adanya satu putaran atau lengkungan.

Kufi Musattar juga memiliki nalam lain Handasi Tarbi’i dan Murabba’, artinya adalah kubus. Jadi, ya memang hanya kotak-kotak saja. Sehingga, untuk membuatnya diperlukan penggaris dan juga pena.

Nah, mungkin karena menggunakan penggaris dalam pembuatannya, akhirnya kaligrafi Kufi ini diberi nama Musattar. Kufi Musattar saat ini sedang ngetren, dengan bentuk yang tidak biasa dan bisa dikreasikan menjadi seni luar biasa.

Baca Juga : Free 3 Kaligrafi Kufi Al-Ikhlas Al-Falaq An-Nas Format CDR & PSD

Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar
Penjelasan Detail Simak Video berikut :


Berikut langkah pembuatannya
  • Buka aplikasi CorelDraw anda
  • Buat dokumen baru (A4)
  • Buat 6 buah lingkaran menggunakan Ellipse Tool atau cara cepat bisa menggunakan Countur, maka hasilnya seperti pada gambar di bawah
Kaligrafi Kufi Melingkar PSD
  • Selanjutnya buat garis menggunakan Free Hand Tool, duplikat garis dengan kemiringan 9 derajat menggunakan Transformation. Atur settingan seperti gambar di bawah
Kaligrafi Kufi Melingkar PSD
  • Selanjutnya ciptakan objek baru membentuk "Kaligrafi Kufi Assalamu'alaikum" dari perpotongan lingkaran dan garis, menggunakan Smart Fill Tool.
    Maka hasilnya seperti gambar di bawah.
Kaligrafi Kufi Melingkar PSD
  • Selanjutnya hapus garis dan lingkaran
Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar


  • Lalu gabungan dari masing-masing objek menggunakan Weld.
    Cara : seleksi semua objek... lalu pilih Weld yang ada pada kelompok Shaping.
Fungsi Weld
Shaping
  • Setelah digabungan, maka hasilnya seperti gambar di bawah
Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar
  • Langkah akhir menambahkan warna, teks dan kaligrafi Assalamu'alaikum
Kaligrafi Kufi Melingkar Assalamu'alaikum
  • Selamat mencoba

Sebagai bahan untuk belajar berikut kami bagikan file CDR Kaligrafi Kufi Assalamu'alaikum Melingkar

Format CDR
Aplikasi yang digunakan CorelDraw X4
Ukuran file : 82.2 KB
Password : TUTORiduan.com

Manfaat Hiasan Dinding Kaligrafi

Menjadikan kaligrafi sebagai salah satu elemen dalam dekorasi ruangan baik untuk ruangan di dalam rumah ataupun ruangan di kantor memiliki banyak sekali manfaatnya.

Keindahan

Hiasan dinding berupa kaligrafi merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Keindahan kaligrafi sebagai suatu karya seni telah lama mempesona manusia dari berbagai peradaban. Memilih hiasan dinding kaligrafi sebagai bagian dari ruangan di dalam rumah, tempat kerja, dan ruang lainnya sudah barang tentu akan memberikan warna tersendiri pada ruangan anda. Ruangan akan tampil lebih indah dan menawan.

Motivasi

Hiasan dinding kaligrafi tidak hanya mempengaruhi interior sebuah ruangan, namun juga memberikan pengaruh secara psikologis kepada orang yang berada di dalamnya. Hiasan dinding kaligrafi banyak berisi kalimat-kalimat yang berasal dari kitab suci Al Qur’an, seperti kaligrafi Ayat Kursi, kaligrafi surat Al Fatihah, dan lain sebagainya yang mana sudah barang tentu memiliki makna dan kandungan yang mendalam bagi umat muslim. Dengan membaca kalimat yang tertulis pada kaligrafi dengan sendirinya akan memberikan dorongan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

Syiar

Sebagai umat muslim, kita diperintahkan untuk menyampaikan pesan Islam. Rasulullah bersabda, SAMPAIKAN PESAN KU MESKIPUN HANYA SATU AYAT!

Nah itulah Tutorial Cara Mudah Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar dengan CorelDraw. Semoga tutorial ini bermanfaat, tetap semangat untuk terus berkarya dan berusaha dan Sukses selalu untuk ANDA.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar dengan CorelDraw"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel