Cara Monetisasi dan Daftar AdSense YouTube

TUTORiduan - Untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube anda harus mempunyai akun dan Channel YouTube, jika belum memiliki akun tersebut lihat artikel "Cara Membuat Akun & Channel YouTube', setelah mempunyai  akun YouTube anda juga harus mempunyai akun Adsense untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Monetisasi dan Daftar AdSense
AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang.
Bagaimana cara monetisasi YouTube? Apa saja sih syarat mendaftar AdSense YouTube? Dan bagaimana cara daftar AdSense YouTube? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini. 

Baca Juga :


Cara Monetisasi Youtube

Monetisasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan kanal Youtube-nya untuk mendapatkan sejumlah penghasilan.

Berikut Langkah Monetisasi YouTube :

  • Login ke Akun YouTube anda
  • Lalu klik Icon Profile... Pilih YouTube Studio yang bergambar Gear, menu tersebut akan mengarahkan anda ke halaman Dasbor channel.
  • Lalu pada bagian kiri halaman Dasbor channel pilih Monetisasi yang bergambar Dollar.
  • Maka anda akan masuk ke halaman Monetisasi channel yang berisikan syarat untuk bisa menjadi Partner YouTube


Untuk dapat mengikuti Program Partner YouTube anda harus memenuhi 2 syarat penting :
  1. Total jam tayang keseluruhan video anda 4.000 jam dalam waktu 12 bulan terakhir.
  2. Channel anda minimal harus mendapatkan 1.000 Subscriber.
  • Selanjutnya Klik 'BERI TAHU JIKA SAYA MEMENUHI SYARAT', maka tombol tersebut akan berganti tulisan 'Kami akan mengirimkan email jika anda telah memenuhi syarat untuk mendaftar' dengan centang hijau.  

Persetujuan Program Partner Youtube

    Program pemasangan iklan youtube dikenal dengan nama Program Partner Youtube. Pemilik channel yang sudah memenuhi syarat bisa mengikuti program partner ini. Channel akan ditinjau dulu untuk bisa masuk ke program ini.
      Klik START pada langkah satu persetujuan persyaratan, lalu centang semua pilihan yang ada lalu klik tombol I accept.

        Sampai di sini tahapan awal partner program sudah dilalui dan beralih ke tahap adsense.

        Cara Daftar AdSense YouTube

        Klik start pada langkah kedua. Jika Anda sudah punya akun google adsense sebelumnya, maka akan diarahkan ke akun tersebut. Jika Anda belum punya, maka akan diarahkan untuk mendaftar akun terlebih dulu, caranya adalah:
        • Klik START, pada Sign up for AdSense


        • Kemudian ikuti semua tahapan dan panduan dalam membuat akun adsense baru, lalu klik tombol CREATE ACCOUNT.

        • Anda akan diminta untuk melakukan pengisian data. Isikan sesuai dengan data-data yang Anda miliki kemudian klik tombol submit.

        Sampai di sini, Anda sudah berhasil mengajukan akun AdSense ke Google. Anda tinggal menunggu saja sampai dengan akun Anda bisa digunakan.

        Sambil menunggung persetujuan akun AdSense anda, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengatur tampilan iklan monetisasi.


        Mengatur Pilihan Monetisasi

        Pada tahap ini anda bisa mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan ketika pengajuan YouTube AdSense diterima.

        Di halaman Monetization klik “START” pada ‘Set monetization preference’. Posisi iklan ini juga bisa menjadi penentu berapa besar uang yang bisa Anda dapatkan dari iklan yang tampil di video.


        Ada empat pilihan tipe tampilan iklan, yaitu display ads, overlay ads, sponsored cards, dan skippable video ads. Skippable video ads berpotensi mendatangkan pendapatan yang besar dibandingkan dengan tiga tipe lainnya. 

        Berikut penjelasan masing-masing tipe ads. :

        1. Display Ads

        Tipe iklan ini muncul di bagian samping kanan layar. Selalu tampil dari awal sampai akhir video yang diputar. Iklan ini hanya bisa tampil ketika pengunjung menggunakan perangkat desktop.


        2. Overlay Ads
        Overlay Ads muncul di bagian layar sehingga sedikit menutupi video yang sedang diputar. Berbeda dengan Display Ads, tipe iklan ini dapat ditutup secara manual jika pengunjung menghendakinya sehingga tidak terlalu mengganggu. Ukurannya kurang lebih 480×70 pixel.


        3. Sponsored Cards
        Sponsored Cards merupakan salah satu tipe iklan YouTube yang baru. Iklan ini bekerja dengan menampilkan sebuah teaser ke pengunjung video. Setelah beberapa saat teaser diganti dengan tampilan ikon kartu. Iklan ini muncul di bagian kanan atas video yang sedang dilihat. Ikon tersebut memberi user pilihan untuk menutup atau mengkliknya untuk mendapatkan informasi lengkap terkait iklan yang ditampilkan.


        4. Skippable Video Ads

        Skippable Video Ads sering Anda jumpai ketika memutar video di YouTube. Iklan ini biasanya muncul di awal video atau akhir video. Namun di beberapa video tipe iklan ini terkadang ditampilkan di bagian tengah-tengah video.

        Iklan ini berbentuk video dengan durasi yang bervariasi. Ada yang lima detik, bahkan ada yang mencapai beberapa menit. Meskipun lama, pengunjung bisa melewatinya dengan mengklik tombol “Skip” yang biasanya muncul setelah lima detik.

        Dari empat pilihan tersebut, Anda bisa memilih semuanya atau memilih salah satu saja. Saran saya sesuaikan dengan video yang sedang diputar. Jika Anda ingin langsung menerapkan pengaturan tersebut pada semua video, jangan lupa enable opsi ‘Monetize all existing and future videos’.

        Baca Juga :

        Nah itulah Tutorial Cara Monetisasi YouTube dan Cara Daftar Adsen YouTube. Semoga tutorial ini bermanfaat.... tetap semangat untuk selalu membuat content agar dua syarat 4.000 Jam Tayang dan 1.000 Subcriber cepat terpenuhi, dan anda segera mendapatkan penghasilan dari kanal YouTube.

        Belum ada Komentar untuk "Cara Monetisasi dan Daftar AdSense YouTube "

        Posting Komentar

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel