Free Desain Banner Spanduk Puasa Ramadhan 1444H 2023 (CDR & PSD)

Meyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H / 2023 M bulan yang penuh keberkahan umat muslim dipenjuru dunia beramai-ramai membuat ucapan "Marhaban Yaa Ramadhan 1443 H / 2023 M" melalui berbagai media, seperti banner atau spanduk yang terpasang diberbagai tempat dengan berbagai macam bentuk dan desain.

Pada puasa Ramadhan 1444 H ini kita jalani dengan suka cita tanpa rasa takut seperti pada tahun yang telah lalu, yang mana umat muslim menjalankan puasa ramadhan dalam batasan-bataran yang dianjurkan pemerintah karena dalam suasana pandemi corona. 

Desain Spanduk Ramadhan 1444H CDR PSD
Spanduk Puasa Ramadhan 1444H CDR PSD - TUTORiduan

Alhamdulilah pada Ramadhan 1444 H ini wabah virus corona telah berlalu sehingga umat muslim diselutuh dunia dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan khusyuk sesuai dengan syariat islam.

Apa itu Ramadhan ?

Ramadhan adalah Bulan Suci ketika umat Islam berpuasa dan mencoba melakukan thawab (amal baik yang diberikan oleh Allah). Di bulan Ramadhan, diwajibkan bagi orang beriman untuk berpuasa, menahan lapar dan haus mulai dari terbit sang fajar hingga terbenamnya matahari. Di bulan ini umat Islam berlomba-lomba melakukan amal baik. Sebab, Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan.
Penggunaan media banner / spanduk adalah salah satu sarana yang digunakan untuk memberikan ucapan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H". Untuk menciptakan berbagai macam desain yang menarik dan sesuai dengan tema ramadhan, maka diperlukan seorang desainer untuk membuatnya sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apa itu Banner dan Baliho ?

Banner adalah suatu media promosi / publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal.

Baliho adalah suatu sarana atau media berpromosi yang mempunyai unsur memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas, selain itu baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.

Di dalam desain Banner / Spanduk Ramadhan biasanya berisi ucapan atau ajakan untuk melakukan amalan atau pahala yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. 

Desain Spanduk Ramadhan 1444 H / 2023 M (CDR & PSD)

Nah kali ini TUTORiduan akan berbagai Desain Banner Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H / 2023 M Format CorelDraw (Free CDR) dan Photoshop (Free PSD) siap cetak yang dapat diedit ulang dengan mudah dan cepat.

01 Desain Banner Spanduk Ramadhan 1444 H ( 1x3 ) CDR

Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H yang TUTORiduan bagikan dapat diedit ulang dengan mudah menggunakan Apilikasi CorelDraw Minimal Versi X4, proses desain menggunakan ukuran 10x30 Cm dan untuk cetaknya menjadi ukuran 1 x 3 Meter.
 
Template Spanduk Puasa Ramadhan 1444H
PENTING !
Desain ini dibagikan secara GRATIS, tidak untuk diperjualbelikan
Apabila ingin menshare (copy/paste) harap cantumkan sumbernya (www.tutoriduan.com)

 

Format CDR

Aplikasi CorelDraw yang digunakan Versi X4
Ukuran Desain : 10 x 30 Cm
Ukuran Cetak : 1 x 3 Meter
Jumlah : 1 File CDR, Ukuran File : 9.50 MB

Password : www.tutoriduan.com
Mohon sedekah Al-Fatihah untuk Almarhumah Ibu Sumiah Binti Dasuki
Desain ukuran skala, maka cara Simpan Siap CETAK, lihat DISINI

Font yang digunakan :
  • Khodijah Free
  • Trajan Pro 3
  • Exotc350 Bd BT
  • Tekton Pro

Keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan sebagai berikut:
  1. Ramadhan adalah satu-satunya nama bulan yang ada di Alquran. Salah satunya berada pada QS Al-Baqarah.
  2. Pada bulan ini, terdapat sebuah malam lebih baik daripada 100 bulan. Hal ini dijelaskan pada surat QS Al-Qard ayat 3. Yang artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
  3. Di bulan Ramadhan, umat Islam yang beriman diwajibkan ibadah puasa. Telah dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
  4. Pada bulan Ramadhan, terdapat pengampunan dosa. 
  5. Di Bulan Suci ini pula pintu surga telah dibuka, dan pintu neraka ditutup.
  6. Ladang atau media penebusan dosa atau kafarat hingga bulan Ramadhan berikutnya. Sepanjang sholat fardhu dari satu Jumat ke Jumat berikutnya.
  7. Saat bulan Ramadhan, amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT

01 Desain Banner Spanduk Ramadhan 1444 H ( 1x3 ) PSD

Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H yang TUTORiduan bagikan dapat diedit ulang dengan mudah menggunakan Apilikasi Photoshop Versi CS6, proses desain menggunakan ukuran 10x30 Cm dan untuk cetaknya menjadi ukuran 1 x 3 Meter.

Banner Puasa Ramadhan 1444H di Photoshop

Format PSD

Aplikasi Photoshop yang digunakan Versi CS6
Ukuran Desain : 10 x 30 Cm
Ukuran Cetak : 1 x 3 Meter
Jumlah : 1 File PSD, Ukuran File : 10.6 MB

Download  Desain Spanduk Ramadhan 1444H 1x3 (Free PSD)
Password : Onlyriduan YT Channel
Mohon sedekah Al-Fatihah untuk Almarhum Ayahda Nurdin Bin Ibrahim
Desain ukuran skala, maka cara Simpan Siap CETAK, lihat DISINI

Font yang digunakan :
  • Khodijah Free
  • Trajan Pro 3
  • Exotc350 Bd BT
  • Tekton Pro

Baca Juga : Desain Spanduk Buka Puasa Bersama Format CorelDRAW


7 Kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadhan

1. Obrog-Obrog
Obrog-obrog alias membangunkan orang sahur saat bulan Ramadhan menjadi tradisi rutin yang hanya ada di bulan Ramadhan. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menabuh bedug dan gendang berkeliling kampung atau perumahan sambil berteriak “sahur.. sahur”

2. Ngabuburit
Ngabuburit diambil dari istilah dalam bahasa Sunda “burit” yang berarti sore menjelang malam. Istilah ini lahir dari tradisi masyarakat yang sedang berjalan-jalan mencari makanan sebelum berbuka puasa ataupun justru bersedekah dan membagikan takjil di jalan untuk orang lain yang sedang berpuasa dan dalam perjalanan menuju rumah atau tempat berbuka puasa. Hal positif lainnya pun bisa dilakukan selama waktu menunggu berbuka puasa ini, seperti membaca Al Qur’an ataupun mendengarkan ceramah bersama

3. Pembagian Ta’jil
Kegiatan membagikan takjil gratis atau makanan untuk membatalkan puasa ini banyak kita temui terutama di pinggir jalan ataupun di masjid-masjid banyak dilakukan umat islam maupun yayasan atau komunitas tertentu, hal ini dilakukan karena selama bulan puasa Umat Islam diperintah untuk memperbanyak sedekah, sebab pahala yang berlipat-lipat melebihi pahala yang didapat dibulan lainnya.

4. Buka Puasa Persama
Agenda wajib selama bulan Ramadhan yang hampir selalu ada di bulan Ramadhan yakni Buka Puasa Bersama. Moment buka puasa ini memang selalu menjadi momen paling pas untuk bersilaturahmi baik dengan keluarga, sahabat ataupun reuni dengan teman-teman sekolah dahulu. Maka tidak heran ya setiap kali weekend mulai sore hari jalan-jalan menuju mall atau food court selalu macet

5. Sahur On the Road
Kegiatan sahur di jalan ini sebenarnya bukan hanya soal makan sahur bersama-sama dengan teman di jalan, melainkan membagikan makanan sahur kepada saudara-saudara yang membutuhkan saat menjelang waktu sahur bersama teman-teman. Yap, jangan lupa banyak bersedekah ya selama bulan Ramadhan.

6. Takbiran keliling
Pada malam menjelang Lebaran, setelah bulan Ramadhan berakhir dengan dikumandangkannya adzan maghrib di hari terakhir puasa Ramadhan, takbir pun mulai dikumandangkan. Tradisi Takbiran keliling kampung pada malam takbiran ini biasanya juga menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu terutama bagi anak-anak

7. Mudik
Mudik merupakan tradisi yang paling erat dengan Ramadhan, yakni berakhirnya bulan Ramadhan (bahkan dimulai dari satu minggu sebelum bulan Ramadhan berakhir), tradisi pulang ke kampung halaman menjadi hal wajib yang dilakukan oleh sebagian orang, terutama bagi para perantauan. Hal ini dilakukan agar dapat berkumpul bersama keluarga tercinta pada saat hari Raya Idul Fitri.

02 Desain Banner Spanduk Ramadhan 1443H ( 1x4 ) CDR

Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H yang TUTORiduan bagikan dapat diedit ulang dengan mudah menggunakan Apilikasi CorelDraw Minimal Versi X4, proses desain menggunakan ukuran 10x40 Cm dan untuk cetaknya menjadi ukuran 1 x 4 Meter.

Template Banner Puasa Ramadhan 1443H
PENTING !
Desain ini dibagikan secara GRATIS, tidak untuk diperjualbelikan
Apabila ingin menshare (copy/paste) harap cantumkan sumbernya (www.tutoriduan.com)

 

Format CDR

Aplikasi CorelDraw yang digunakan Versi X4
Ukuran Desain : 10 x 40 Cm
Ukuran Cetak : 1 x 4 Meter
Jumlah : 1 File CDR, Ukuran File : 13.9 MB

Password : www.tutoriduan.com
Mohon sedekah Al-Fatihah untuk Almarhumah Ibu Sumiah Binti Dasuki
Desain ukuran skala, maka cara Simpan Siap CETAK, lihat DISINI

Font yang digunakan :
  • Khodijah Free
  • Trajan Pro 3
  • Exotc350 Bd BT
  • Gaston Villa

Baca Juga : Desain Baliho Puasa Ramadhan 1443H 2022 (Free CDR & PSD)

Cara Desain & Edit Ulang Spanduk Ramadhan 1444 H
Simak Video Tutorial dibawah

03:10 Cara Download dan Cara Extrak File 05:54 Cara Desain/Edit Ulang di Coreldraw 09:47 Cara Desain/Edit Ulang di Photoshop 15:14 Cara Simpan siap Cetak di CorelDraw 17:05 Cara Simpan Siap Cetak di Photoshop

02 Desain Banner Spanduk Ramadhan 1443H ( 1x4 ) PSD

Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H yang TUTORiduan bagikan dapat diedit ulang dengan mudah menggunakan Apilikasi Photoshop Versi CS6, proses desain menggunakan ukuran 10x40 Cm dan untuk cetaknya menjadi ukuran 1 x 4 Meter.

Spanduk Puasa Ramadhan 1444H di Photoshop

Format PSD

Aplikasi Photoshop yang digunakan Versi CS6
Ukuran Desain : 10 x 40 Cm
Ukuran Cetak : 1 x 4 Meter
Jumlah : 1 File PSD, Ukuran File : 13.7 MB

Download  Desain Spanduk Ramadhan 1444H 1x4 (Free PSD)
Password : Onlyriduan YT Channel
Mohon sedekah Al-Fatihah untuk Almarhum Ayahda Nurdin Bin Ibrahim
Desain ukuran skala, maka cara Simpan Siap CETAK, lihat DISINI

Font yang digunakan :
  • Khodijah Free
  • Trajan Pro 3
  • Exotc350 Bd BT
  • Gaston Villa

Nah itulah Desain Spanduk Puasa Ramadhan 1444 H / 2023 Format CorelDraw (Free CDR) dan Photoshop (Free CDR) siap Edit dan Cetak. Semoga file CDR & PSD yang kami bagikan bermanfaat, tetap semangat untuk terus berusaha dan berkarya... Sukses selalu untuk ANDA.

3 Komentar untuk "Free Desain Banner Spanduk Puasa Ramadhan 1444H 2023 (CDR & PSD)"

  1. Untuk Format Photoshop dalam proses

    BalasHapus
  2. jazakallahu katsiran barakallahu bang Only Riduan

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas file Free nya semoga apa yg anda berikan d catat sebagai amal kebaikan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel