Mengenal Aplikasi CorelDRAW


CorelDRAW adalah sebuah software atau perangkat lunak komputer yang berbasis grafik vector.
CorelDRAW ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Corel Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada.

Sejarah Perkembangan CorelDRAW
Pada tahun 1987, Corel menyewa programmer untuk membuat suatu aplikasi grafik berbasis vektor. yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne. 

Dimana awal rilis pada tahun 1989. Berikut Versi – versi yang telah dirilis oleh Corel Corporation :
versi 1 (1989), versi 2 (1991), versi 3 (1992), versi 4 (1993), versi 5 (1994), versi 6 (1995), versi 7 (1997), versi 8 (1998), versi 9 (1999), versi 10 (2000), versi 11 (2002), versi 12 (2003), versi 13 atau X3 (2006), versi 14 atau X4 (2008), versi 15 atau X5 (2010), versi 16 atau X6 (2012), versi 17 atau X7 (2014) dan versi terbarunya versi 18 atau X8 (2016).

Format File CDR
File yang termasuk kedalam pengelompokan ini
  • CorelDraw Compressed ,file CorelDraw Terkompresi (.CDX)
  • CorelDraw Template ,File tempelat CorelDraw (.CDT)
  • CorelDraw Presentation Exchange, File Presentasi CorelDraw (.CDX)
Aplikasi Lain yang dapat membuka file .CDR
  •          Adobe Illustrator
  •          Corel PaintShop Photo Pro
  •          Corel WordPerfect Office
  •          Inkscape dengan UniConvertor
  •          LibreOffice with libcdr installed
  •          Macromedia Freehand
  •          Microsoft Visio 2002
  •          sK1
  •          Xara Designer Pro and Xara Photo & Graphic Designer

 Keunggulan Setiap Versi Coreldraw
  •  Ver.2 (1991) : Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek menggunakan shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang X dan Y)
  • Versi 3 (1992)  :  Terdapat  Corel  PHOTO PAINT*   (untuk  mengedit  bitmap),  CorelSHOW (Untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART (untuk Grahpic chart), Mosaic dan CorelTRACE (untuk vectorizing bitmaps).
  •  Versi 4 (1993) : Termasuk Corel PHOTO-PAINT* (untuk mengedit bitmap),CorelSHOW (untuk membuat on-screen presentasion), CorelCHART, CorelMOVE, Mosaic dan corelTRACE.
  •  Versi 5 (1994) : Ini adalah versi terakhir yang dibuat dan berjalan pada windows 3.x. Termasuk Corel Ventura yang ada didalamnya (lalu dijual terpisah) ini adalah desktop publishing yang mirip dengan PageMaker, Quark Express, atau InDesign.
  • Versi 6 (1995) : Ini adalah versi pertama yang mana dibuat se-ekslusif mungkin untuk windows 32-bit. Termasuk Corel Memo, Corel Presents, Corel Motion 3D, Corel Depth, Corel Multimedia Manager, Corel Font Master dan Corel DREAM (untuk membuat objek 3D) ada didalamnya. Fitur-fitur baru telah disesuaikan dengan Interface, Polygon, Spiral, Knife dan Eraser tools.
  • Versi 7 (1997) : Properti bar yang sensitif      (Context-sensitive Property bar), Print Preview dengan Zoom dan Pan, Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek), mencetak ke dalam HTML, Draft dan Enhanced display, Interactive Fill dan Blend tools, Transparency tools, Natural Pen tool, mencari & mengganti wizard, merubah Vector menjadi Bitmap (ketika dalam CorelDRAW), pengecek ejaan (Spell checker), Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar checker). Corel Scan and Corel Barista (dokumen pertukaran format berbasis java ) juga termasuk dalam versi ini.
  • Versi 8 (1998) : Digger selection, dudukan windows (Docker windows), memecah teks atau objek (Interactive Distortion), 3D, Envelope and tools, efek pemberi bayangan yang realistis (Realistic Dropshadow tool), pencamupran warna (interactive color mixing), penyusun tempat-tempat warna (color palette editor), garis bantu sebagai objek (guidelines as objects), merubah ukuran halaman (custom-sized pages), duotone support. Corel Versions juga termasuk didalamnya.
  • Versi 9 (1999) : Mesh fill tool untuk pencampuran warna yang lebih kompleks, Artistic Media tool, mencetak kedalam PDF, menyatukan profile warna ICC (embedded ICC color profiles,) Multiple On-screen Color Palettes dan Microsoft Visual Basic untuk mendukung aplikasi 6. Canto Cumulus LE, bagian dari software untuk pengaturan media juga termasuk dalam versi ini.
  • Versi 10 (2000) : CorelR.A.V.E. (untuk animasi vector), Perfect Shapes, Web graphics tools (untuk membuat element-elemen yang interaktif seperti tombol), penyortir halaman (Page sorter), dokumen multibahasa (multilingual document support), petunjuk window (navigator window). buka, simpan, import dan eksport dalam format SVG.
  • Versi 11 (2002) : Kumpulan simbol-simbol (Symbols library) yang langsung dapat diambil, memotong gambar (untuk mendesain web), pressure-sensitive vector brushes, 3 titik alat menggambar (3-point drawing tools).
  • Versi 12 (2003) : Panduan yang dinamis (Dynamic guides), alat menggambar pintar (Smart Drawing tools), mengekspor kedalam MS Office atau Word, bagian alat penghapus virtual (Virtual Segment Delete tool), mendukung teks yang unicode (Unicode text support). Unicode adalah Sistem yang memiliki kemampuan untuk menuliskan, memproses, dan menampilkan berbagai aktifitas dari tulisan itu sendiri. Teknologi ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah penulisan dengan bahasa yang ditulis bukan menggunakan tulisan yunani.
  • Versi 13 atau X3 (2006) : memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang mampu untuk memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama), Smart fill tool, Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool, ruang pengaturan gambar (Image Adjustment Lab). Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE.
  •  Versi 14 atau X4(2008) : Layanan pengidentifikasi huruf (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW.
  • Versi 15 atau X5 (2010) : pengaturan isi (CorelCONNECT), pengelolaan warna, alat-alat grafis dan animasi, pengembangan kinerja multi-core, konten digital bernilai tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), mengisyaratkan objek (object hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan transparansi, menambahkan dukungan sentuh (added touch support), dan mendukung berbagai format file. Corel telah mengembangkan transformasi, yang mana dapat membuat banyak salinan dari satu objek.
  • Versi 16 atau X6 (2012) : Versi CorelDRAW X6 memiliki tampilan baru serta beberapa fitur baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. diantaranya : Advanced OpenType Support, New Custom-built Colour Harmonies, New Native 64-bit and Enhanced Multi-Core Support, New Creative Vector Shaping tools, New Styles Engine and Docker, New Corel Website Creator X6 application, New Smart Carver, Improved Page Layout Capabilities, Redesigned Object Properties Docker. dan sebagainya.
  •  Versi 17 atau X7 (2014) : Hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan utk memilih font dengan tampilan yg lebih nyaman. terdapat special effect pada photo editing, layout dan drwing tool yg lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.
  • Versi 18 atau X8 (2016) : Merupakan aplikasi Suite yang memiliki banyak aplikasi dalam satu paket memungkinkan anda untuk mendesain, mengedit foto, membuat desain website dalam satu produk. Lebih memanjakan penggunanya dengan berbagai kostumisasi pada User Interface-Nya dan penambahan berbagai fitur yang sangat membantu dengan kontrol penuh ada pada tangan penggunanya. Tampilan lebih User Friendly dan sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun serta dapat menyesuaikan ruang kerja & antarmuka sesuai dengan tingkat keahlian Anda. Menyediakan layanan template, clip dan font akan sangat membantu para desainer untuk membuat banyak project tanpa merujuk content lain. Lebih stabil dari versi sebelumnya.
Baca Juga :
Nah itulah sekilah tentang Apa itu aplikasi CorelDRAW, semoga dengan artikel singkat ini dapat lebih memberikan pemahaman / pengetahuan anda tentang CorelDRAW...Semoga Bermanfaat & Sukses Selalu

Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW
- http://kelasdesain.com/keunggulan-setiap-versi-coreldraw/

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Aplikasi CorelDRAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel